MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbandingan Antara Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento 2021

APR 26, 2021@14:00 WIB | 583 Views

Pemenang Car of the Year dari Kia's Carsales akan berhadapan langsung dengan Hyundai Santa Fe baru, siapa yang lebih unggul?

Mengutamakan keluarga

Tahap kehidupan yang melibatkan pengangkutan banyak orang seperti keluarga sering kali membutuhkan mobil dengan kabin tiga baris, dan SUV besar kini menjadi kendaraan pilihan bagi keluarga Australia.

Segmen pasar dipenuhi dengan ruang berisi tujuh tempat duduk, tetapi pendatang terbaru di segmen ini adalah Hyundai Santa Fe 2021 dan Kia Sorento 2021. Sorento generasi baru telah berada di pasar selama hampir empat bulan sebelum kerabat dekat dan penantang barunya, Santa Fe, masuk ke dealer.

Meskipun Hyundai menggambarkan Santa Fe sebagai model yang ditingkatkan daripada generasi baru, Santa Fe baru berbagi driveline yang sama dan sebagian besar platform dan teknologi dalam kabin seperti Sorento generasi keempat menjadi pemenang penghargaan.

Mewah

Kedua mobil ini tersedia dalam trim level atas dengan bensin V6 3.5 liter yang menggerakkan roda depan melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. Namun di sini ada varian turbo-diesel yang lebih canggih dan efisien - dan tentunya lebih mahal - dengan penggerak semua roda dan transmisi otomatis kopling ganda dengan delapan kecepatan.

Akhir tahun ini, akan ada alternatif hybrid di jajaran Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento.

Hanya 1130 USD Dollar (sekitar 16 juta rupiah) memisahkan Kia Sorento GT-Line 2.2 AWD 2021 (64.070 US Dollar plus biaya on-road) dan Hyundai Santa Fe Highlander 2.2 AWD 2021 (65.200 US Dollar ditambah ORC), dan dengan model premium ini hadir spesifikasi tingkat tinggi.

Memang, Hyundai dan Kia sama-sama sarat dengan fitur sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Kedua kendaraan tersebut dilengkapi dengan jok kulit Nappa, kursi depan berpemanas dan berventilasi, pemanas untuk kursi luar di baris kedua, roda kemudi berpemanas, sound system kelas atas (12 speaker Bose di Kia, 10 speaker Harman Kardon di Hyundai), roda 20 inci, dan sunroof panoramik.

Keduanya juga memiliki fitur kenyamanan yang cerdas seperti sakelar daya yang dapat diakses oleh pengemudi untuk memindahkan kursi penumpang depan, kursi baris kedua yang dioperasikan dengan daya untuk mengakses baris ketiga dan masih banyak lagi.

Ada beberapa titik pengisian USB di kedua kendaraan - delapan di Kia, lima di Hyundai - serta ventilasi udara dan kontrol kipas AC di baris ketiga. Kedua SUV berbagi pilihan empat mode mengemudi on-road dan tiga off-road dan rem parkir elektrik dengan fungsi penahan. Hampir tidak ada perbedaan spesifikasi antara keduanya. Hanya saja Sorento sedikit lebih panjang, lebih tinggi dan memiliki jarak sumbu roda yang sedikit lebih panjang daripada Hyundai.

Kemudian dengan berat 2500kg, Hyundai dapat menarik 500kg lebih banyak dari Kia, tetapi keduanya dapat membawa maksimum 200kg. Kia memiliki garansi tujuh tahun sedangkan Hyundai bergaransi lima tahun. Untuk servis selama lima tahun, harga Hyundai 2.295 US Dollar, sedangkan Kia 2.393 US Dollar.

Daerah penyangga

Seperti fitur kemewahan dan kenyamanannya, Hyundai Santa Fe 2021 versi rak teratas dan Kia Sorento 2021 ini dipenuhi dengan fitur keselamatan dan teknologi.

Keduanya memiliki pengereman darurat otonom (AEB) dengan pengendara sepeda dan perlindungan pejalan kaki serta deteksi kendaraan yang melaju yang mengaktifkan rem saat berbelok di persimpangan jika lalu lintas yang datang terdeteksi.

Teknologi lainnya termasuk cruise control adaptif dengan stop-and-go, head-up display, rear cross traffic alert, lane following assist, lane keep assist, safe exit assist, driver attention warning, dan blind spot view monitor dalam instrument cluster yang menampilkan titik buta kendaraan saat indikator diaktifkan.

Fitur terakhir ini pada prinsipnya bagus tetapi sedikit mengganggu dalam penggunaan dan bidang penglihatannya tampaknya diarahkan sedikit terlalu rendah dan ke arah kendaraan.

Lane Keeping Assist di kedua kendaraan juga terasa sedikit membingungkan. Dalam beberapa situasi, seperti saat mengemudi melalui serangkaian tikungan, jalur yang menjaga tarikan bantuan pada kemudi untuk mengoreksi jalur.

Ini bukan satu-satunya kendaraan dengan teknologi ini yang mampu melakukan ini, dan ini adalah bantuan yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Fitur keselamatan yang tidak dimiliki kedua kendaraan ini adalah airbag samping yang sepenuhnya memanjang ke baris ketiga.

Berbeda dengan Kia, Hyundai tidak memiliki airbag tengah di depan. Karena Hyundai menyebut Santa Fe sebagai pembaruan daripada model generasi baru, kisaran tersebut mempertahankan peringkat keamanan bintang lima ANCAP 2018.

Keduanya menawarkan rangkaian lengkap teknologi infotainment, termasuk Apple CarPlay (kabel) dan Android Auto, radio digital, satelit asli, dan pengisian daya telepon nirkabel. Mereka bahkan memiliki sistem speaker mikrofon untuk berbicara dengan penumpang di kursi belakang.

Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento memiliki layar tengah LCD warna TFT 12,3 inci ditambah dengan cluster instrumen LCD. Dasbor Kia terlihat lebih modern, sedangkan Hyundai - dengan fitur serupa - tampak lebih tradisional.

Namun, Hyundai memiliki nuansa yang sedikit lebih mewah dengan bahan headlining dan trim interior 'Camel Beige' seperti yang ditampilkan dalam kendaraan uji.

Meskipun tidak banyak hal di dalamnya, layar Kia tampaknya lebih intuitif untuk digunakan. Pengemudi perlu menggunakan tombol fisik infotainment daripada layar sentuh, Kia juga lebih tinggi dan lebih banyak di bidang pandang pengemudi.

Tombol infotainment Hyundai, di bawah layar di konsol tengah, memiliki tampilan dan nuansa Lexus awal tahun 2000-an yang konservatif.

Ruang mesin

Hyundai Santa Fe 2021 dan Kia Sorento 2021 berbagi powertrain yang identik, yaitu turbo-diesel empat silinder berkapasitas 2.2 liter berkapasitas 148kW yang dihubungkan dengan kopling ganda otomatis delapan kecepatan dan sistem penggerak semua roda.

Tidak mengherankan jika keduanya memiliki performa yang sangat mirip di jalan raya. Mesin ini sangat halus dan tidak menimbulkan suara-suara dan bisa berputar dengan keras jika diperlukan akselerasi penuh. Di luar sedikit keraguan saat tidak digunakan, mesin ini memberikan kinerja yang kuat.

Pada pengujiannya, terdapat perbedaan terkait konsumsi bahan bakar dengan Hyundai kembali 6,5L/100km dan Kia mencapai 6,7L/100km, keduanya mendekati rata-rata 6,1L/100km.

Mobil kopling ganda delapan kecepatan di kedua kendaraan itu adalah salah satu yang terbaik, meskipun manuver lambat di tanjakan curam masih tidak progresif seperti mobil tradisional.

Namun saat bergerak, transmisi memindahkan gigi ke atas atau ke bawah berjalan mulus, dan pada 100 km/jam, kedua kendaraan mampu melaju di gigi atas dengan tacho hanya menunjukkan 1500rpm. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Perbandingan harga

Hyundai Santa Fe Highlander 2021

- Harga: 65.200 US Dollar atau setara 945 juta rupiah (ditambah biaya on-road)

- Status: tersedia

- Mesin: 2.2 liter empat silinder turbo-diesel

- Output: 148kW / 440Nm

- Transmisi: Delapan kecepatan kopling ganda otomatis

- Bahan bakar: 6,1L/100km (ADR Combined)

- CO2: 160g/km (ADR Combined)

- Peringkat keamanan: Bintang lima (ANCAP 2018)

Kia Sorento GT-Line 2021

- Harga: 64.070 US Dollar atau setara 929 juta rupiah (ditambah biaya on-road)

- Status: tersedia

- Mesin: 2.2 liter empat silinder turbo-diesel

- Output: 148kW/440Nm

- Transmisi: Delapan kecepatan kopling ganda otomatis

- Bahan bakar: 6,1L/100km (ADR Combined)

- CO2: 159g/km (ADR Combined)

- Peringkat keamanan: Bintang lima (ANCAP 2020)

Tags :

#
hyundai santa fe,
#
hyundai,
#
kia sorento 2021,
#
kia,
#
car of the year