MENU
icon label
image label
blacklogo

Penerus McLaren P1 Dipastikan Kehilangan Pintu Khasnya

MAR 02, 2024@17:00 WIB | 144 Views

Mobil McLaren mendatang yang terinspirasi dari Formula 1 kabarnya akan menampilkan pintu gullwing, tampilan yang lebih segar dibandingkan dengan butterfly doors yang biasanya terlihat pada supercar McLaren seperti 750S. Dijuluki P18, model baru ini akan menjadi McLaren pertama yang menampilkan pintu gullwing, lapor Automotive News. Pintunya kabarnya akan dipasang pada sasis serat karbon baru yang dilengkapi dengan elemen desain aero bergaya F1.

Sementara pintu butterfly terlihat berengsel di sepanjang pilar A, sedangkan pintu gullwing berengsel di atap. Mercedes-Benz mempopulerkan pintu jenis ini dengan 300 SL. Saat ini, mobil seperti Aston Martin Valkyrie coupe dan Tesla Model X menggunakan pintu gullwing. Desain yang dikenal sebagai pintu falcon wing, berengsel ganda, memungkinkannya menyesuaikan diri di tempat parkir yang sempit.

Menurut Automotive News, eksterior McLaren P18 baru juga bisa mendapatkan lampu depan tersembunyi seperti yang terlihat pada Artura dan 750S, di atas DRL LED. Diharapkan spoiler belakang dapat ditarik untuk menyeimbangkan downforce dan kecepatan tertinggi. Di bagian dalam, sandaran kursi kemungkinan akan diintegrasikan ke dalam monocoque.

Bagian performa, mobil mendatang kabarnya akan menggunakan mesin V8 baru yang dipasok Ricardo yang dipadukan dengan hybrid. Spesifikasi mesin selengkapnya belum diketahui, namun diperkirakan mampu menghasilkan lebih dari 1.000 tenaga kuda, termasuk tambahan hybrid. Elemen hybrid ini kabarnya akan 70% lebih ringan dibandingkan yang ada di Artura. Yang menyalurkan tenaga ke jalan raya adalah komponen suspensi yang dicetak 3D.

"Ini seharusnya menjadi mobil yang 'gila'," kata salah satu sumber kepada Automotive News. "McLaren memasukkan segalanya ke dalam model ini." McLaren sebelumnya mengatakan kepada CarBuzz bahwa penerus P1 tidak akan tiba sebelum tahun ini, "Kami sebelumnya telah mengatakan bahwa akan ada penerus P1, tetapi tidak dapat memberikan rincian spesifik apa pun selain itu tidak akan terjadi sebelum tahun 2024."

McLaren P18 akan menggantikan P1 - hypercar yang menggantikan Ferrari LaFerrari dan Porsche 918 - di puncak jajaran Ultimate Series merek tersebut. Ferrari akan menyaingi P18 dengan penerus LaFerrari yang diharapkan menjalankan powertrain hybrid dengan  tenaga lebih dari seribu hp juga. Sementara itu, Porsche diperkirakan akan bergabung dengan penerus 918 Spyder yang dipratinjau oleh konsep Mission X.

Seperti mobil Ferrari yang akan datang, McLaren diperkirakan akan mengungkap P18 akhir tahun ini. Mobil baru, bersama dengan Artura, harus menggunakan elektrifikasi dalam jajarannya, dengan merek tersebut menunjukkan minat untuk mengembangkan kendaraan listrik tetapi memahami belum ada teknologi untuk menjadikannya benar-benar layak untuk dijadikan supercar.  [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mclaren p1,
#
mclaren