MENU
icon label
image label
blacklogo

Penampakan Maserati MC20, Tribute Untuk Stirling Moss, Sang Raja Tanpa Mahkota

MAY 26, 2020@14:30 WIB | 136 Views

Stirling Moss, pebalap Formula 1 hebat asal Inggris telah berhasil mencetak 16 kali juara, empat kali runner up dan tiga kali posisi tiga sepanjang karirnya di sirkuit. Walau ia berkali-kali juara, sayangnya hingga berhenti menginjak pedal di tahun 1962, ia belum sempat mencicipi gelar juara dunia, untuk alasan itu banyak yang menjulukinya “The King Without a Crown”atau Raja tanpa mahkota.

Ia meninggal bulan April lalu di usia 90 dan sebagai penghormatan pada sang raja, Maserati akan membuat mobil sport khusus untuk mengenangnya. Didedikasikan pada salah satu pebalap legendarisnya, Maserati akan meluncurkan sports car MC20 yang sempat kita lihat Februari lalu.

Secara desain, mobil ini mengadopsi Maserati Eldorado yang dikendarai Stirling Moss tahun 1958. Nah, Maserati baru mengungkap prototipenya, saat anniversary kemenangan Moss di Monaco 1956. Pada saat itu, Moss memimpin full selama 100 lap dengan mobil 250F.

Namun bukan hanya itu yang menarik, kabar lebih hebohnya adalah niatan lain Maserati dalam membangun mobil ini. Ya, Maserati mengungkapkan jika mobil tribute-nya ini akan digunakan sebagai jalan kembali ke lintasan balap dan menjadi juara.

Seperti kita tahu jika juara dunia terakhir Maserati terjadi pada 2010 lalu dengan mobil MC12. Tak main-main, MC20 ini juga adalah mobil pertama Maserati yang mengemban mesin yang didesain 100 persen oleh pabrikan Italia tersebut.

Sayangnya, kita belum bisa tahu jenis mesin apa yang digunakan, namun yang pasti bukan menggunakan mesin Ferrari yang biasa digunakan di mobil jalanannya, mungkin sesuatu yang lebih fresh dan inovatif.

Jika kita lihat dari gambarnya, moncong MC20 memiliki bahasa desain Gran Turismo namun sedikit lebih kental aroma balap dengan buntut panjang dan landau di bagian atap ke bawah. Penasaran? Mari kita tunggu saja. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
stirling moss,
#
raja tanpa mahkota,
#
pebalap formula 1,
#
maserati mc20,
#
sports car mc20