MENU
icon label
image label
blacklogo

Pecahkan Rekor, Pininfarina Battista Jadi Mobil Listrik Dengan Akselerasi Tercepat Di Dunia

NOV 22, 2022@16:00 WIB | 969 Views

Pininfarina Battista baru-baru ini mencetak rekor akselerasi dan deselerasi tercepat yang bisa dilakukan oleh mobil listrik produksi massal.

Pininfarina mengklaim bahwa Battista mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 1,86 detik dan 0-200 km/jam dalam 4,75 detik. Dalam hal uji deselerasi, Battista dapat mengurangi kecepatan dari 100 km/jam ke 0 hanya dalam jarak 31 meter.

Pininfarina Battista dapat mencapai kecepatan tertinggi 350 km/jam. Ini sangat cepat untuk kendaraan listrik. Sebagai referensi, hypercar listrik Lotus Evija dan Tesla Model S Plaid juga memiliki top speed yang sama.

Yang membuat Pininfarina Battista sangat kencang berakselerasi adalah distribusi berat dan pusat gravitasinya yang rendah. Sel baterai ditempatkan dalam tata letak berbentuk T di dalam sasis monokok yang terbuat dari serat karbon. Paket baterai dipasang di terowongan tengah antara penumpang dan pengemudi.

Baca Juga: Rimac Nevera Berhasil Menjadi Mobil Listrik Produksi Tercepat di Dunia

Paket baterai dari Battista sendiri memiliki kapasitas 120 kWh dan terdiri dari 6960 sel lithium-ion. Paket baterai ini berkontribusi pada sepertiga berat kendaraan yang beratnya hampir 2 ton. Dengan baterai ini, Battista punya jarak tempuh 482 km EPA.

Soal mekanis, Pininfarina Battista dibekali dengan empat motor listrik yang punya output daya gabungan sebesar 1.900 hp dan torsi puncak sebesar 2.300 Nm. 

"Kombinasi dari sasis dan penyetelan suspensi yang dipesan lebih dahulu, ban yang telah teruji selama ribuan mil uji, dan vektor torsi empat motor yang menghasilkan tenaga yang belum pernah ada sebelumnya memungkinkan Battista menjadi mobil listrik street-legal degan akselerasi tercepat di dunia," kata Chief Production and Engineering Officer Automobili Pininfarina Paolo Dellacha. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pininfarina,
#
pininfarina battista,
#
ev,
#
mobil listrik,
#
hypercar