MENU
icon label
image label
blacklogo

Pecahkan Rekor Guiness, Zeekr 001 Jadi Mobil Listrik Tercepat Dalam Drifting

AUG 22, 2022@19:00 WIB | 895 Views

Mobil sport listrik buatan pabrikan asal Tiongkok, Zeekr 001, baru-baru ini berhasil memecahkan dua Guinness World Records.

Zeekr 001 mencatat rekor drift tercepat yang pernah dilakukan oleh mobil listrik, dengan mencapai kecepatan tertinggi 124,2 mpj saat melakukan beberapa aksi drift, dan yang tercepat untuk EV slalom, dengan melewati 50 cone dengan jarak yang sama dalam waktu 49,05 detik. Rekor tersebut dipecahkan awal bulan ini di bawah pengawasan juri Guinness di fasilitas CATARC, Tiongkok.

Zeekr adalah pabrikan yang relatif baru dari Geely, yang juga merupakan perusahaan induk dari Volvo, Polestar, dan Lotus. Zeekr 001 pertama kali diperlihatkan di Auto Shanghai 2021, dan mulai diproduksi untuk pasar Tiongkok di bulan bulan Oktober 2021.

Berdasarkan konsep yang awalnya ditujukan untuk sesama merek Geely, Lynk & Co., Zeekr 001 adalah model produksi pertama berdasarkan platform EV khusus Geely's Sustainable Experience Architecture (SEA), yang pada akhirnya akan digunakan oleh sebagian besar merek Geely.

Hothatch listrik ini menggendong powertrain all-wheel-drive motor ganda dengan output 536 hp dan torsi 566 lb-ft, yang diklaim mampu berakselerasi 0-62 mph dalam 3,8 detik.

Harga Zeekr 001 untuk pasar Tiongkok adalah sekitar Rp685 juta. Zeekr juga berencana untuk memulai penjualan di Eropa pada tahun 2023, tetapi belum mengkonfirmasi rencana untuk memasuki pasar lainnya seperti Asia Tenggara atau Amerika Serikat. 

Zeekr juga mengembangkan angkutan mandiri untuk Waymo milik Alphabet Inc. Tidak seperti armada Waymo saat ini yang terdiri dari minivan Chrysler Pacifica Hybrid dan crossover Jaguar I-Pace, kendaraan Zeekr akan dibuat khusus untuk layanan taksi swakemudi. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
ev,
#
mobil listrik,
#
zeekr,
#
geely,
#
zeekr 001,
#
drift,
#
slalom