MENU
icon label
image label
blacklogo

City Car Listrik Nissan Pasang Mesin Kawasaki ZX-10R, Gahar Bukan Pakai Listrik Lagi

MAR 06, 2023@12:00 WIB | 387 Views

Tren kendaraan bertenaga listrik alias electril vehicle sedang menggemparkan dunia otomotif, berbagai pabrikan otomotif berlomba meluncurkan produk-produk terbaru dan tercanggihnya.

Namun beberapa waktu ini, ada sebuah mobil listrik yang tampil anti mainstream. Yups, mobil listrik tersebut adalah sebuah Nissan Leaf. City car listrik asal Jepang dengan design dan ukuran body yang mungil.

Di tangan YouTuber SuperfastMatt, Nissan Leaf ini pun berontak mengganti dapur pacu alias swap engine. Bukan pasang mesin mobil bensin bertenaga dahsyat, mesin yang dipilih justru milik sebuah motor sport Kawasaki ZX-10R.

Enggak main-main, mesin berkapasitas 1000cc Inline 4 Cylinder, 4-Stroke, 16 Valves, DOHC, berpendingin cairan ini pun terlihat duduk manis di bagasi belakang Nissan Leaf ini sob.

Bukan hanya mesinnya aja, sang modifikator juga mencangkok tangki bahan bakar motor sport berkelir jingga tersebut yang dipasang tepat disamping mesin tersebut.

Rupanya bukan hal mudah untuk bisa menyalurkan tenaga dari motor sport tersebut, sang modifikator pun mencangkok satu set kaki-kaki belakang milik Lexus IS350 lengkap dengan differensialnya. 

Mesin Kawasaki ZX-10R ini pun dihubungkan dengan dipasangnya beberapa part custom, untuk menyambungkan gear set dengan sistem penggerak roda belakang plus sistem dan tuas transmisi baru yang berada dalam kabin.

Kini, city car listrik tersebut jadi bertransmisi manual enam kecepatan loh Pals dengan konfigurasi tetap seperti motor sport yaitu gigi satu ke depan dan selanjutnya ke belakang.

Untuk mengimbangi output tenaga yang tercatat hingga 280HP ini, sang modifikator juga memasangkan seperangkat sistem pengereman milik Ford Mustang plus satu set velg baru berdiameter ring 17 dan balutan ban soft compound.

Selanjutnya, ingin tetap merasa nyaman saat mengendarai plus suhu mesin tetap optimal.

Kaca pintu belakang kanan pun harus dikorbankan  diganti dengan sebuah lubang kisi-kisi udara yang dibuat dengan 3D printing.

Sementara, sistem knalpot pun langsung dikeluarkan melalui pintu bagasi belakang yang juga didesign ulang dengan lapisan part fiber dengan dua buah kisi-kisi udara guna sirkulasi udara maksimal untuk mesin baru pada Nissan Leaf gokil satu ini. 

Bagaimana Blackpalks, pastinya ini mobil gesit banget yah? [Aziz/timBX/berbagaisumber].

Tags :

#
kawasaki,
#
kawasaki zx-10r,
#
nissan,
#
nissan leaf,
#
listrik,
#
modifikasi,
#
swap engine

X