MENU
icon label
image label
blacklogo

Panasonic Kembangkan Baterai Ekonomis untuk Tesla

JUN 07, 2022@12:00 WIB | 193 Views

Elon Musk mengatakan 4680 baterai baru dari Panasonic sangat penting untuk membuat EV Tesla lebih murah, yang kemungkinan akan bisa dibanderol seharga $25.000 atau setara dengan dengan Rp 361,5 juta. Apakah baterai tersebut untuk Tesla Model 3 atau Tesla Model Y, masih jadi pertanyaan. Tetapi untuk saat ini, baterai yang kemungkinan akan memberikan daya pada model Tesla yang lebih murah ini sudah masuk dalam tahap pengembangan. Panasonic mengatakan baterai seukuran kaleng soda yang mereka kembangkan itu sudah mendekati penyelesaian.

Pabrikan elektronik tersebut mengatakan sedang bekerja untuk menyiapkan jalur produksi purwarupa di Jepang. Untuk saat ini, Tesla tampaknya senang dengan baterai yang lebih bertenaga dan lebih ekonomis ini, pihak Tesla mengatakan bahwa sel-sel tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh brand EV ternama tersebut.

Sementara pabrik-pabrik di Jepang akan sangat penting untuk memasok Tesla dengan sel baterai baru, mungkin juga akan ada di beberapa fasilitas di Amerika Serikat di tahun-tahun mendatang. Laporan terbaru sekarang menunjukkan bahwa Panasonic sedang mencari fasilitas baru yang berbasis di AS untuk memproduksi baterai ini.

Bukan rahasia lagi bahwa harga rata-rata Tesla cukup melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Pabrikan EV tersebut telah menaikkan harga, tetapi penggunaan baterai baru ini kemungkinan dapat mengembalikan semuanya ke harga yang lebih terjangkau. Sel-sel baterai Panasonic lebih murah untuk diproduksi daripada baterai Tesla yang ada saat ini, selain itu juga lebih padat energi. Namun, beberapa kekhawatiran (bahkan dikemukakan oleh Musk sendiri) telah muncul terkait kontaminasi partikel.

Kontaminasi partikel sering menjadi faktor penyebab kebakaran baterai EV, sesuatu yang tentunya sangat ingin Tesla hindari. Ukurannya yang lebih besar membuat api lebih mudah menyebar dari sel ke sel, yang pada akhirnya mengakibatkan seluruh mobil terbakar, tanpa meninggalkan apa pun kecuali kerangka mobil.

Namun, Panasonic mengatakan bahwa mereka memprioritaskan keamanan sel-sel ini, dan desainnya akan mengurangi risiko apa pun. Untuk saat ini, konsumen harus menunggu dan melihat apakah Tesla dapat mewujudkan sel-sel baterai baru ini dan mewujudkan mobil Tesla yang lebih terjangkau atau tidak?. [ibd/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
panasonic,
#
tesla,
#
ev,
#
baterai