MENU
icon label
image label
blacklogo

Pabrikan Asal Cina Ini Buat Kloningan Mesin V-Twin Harley Sportster

JUN 29, 2022@19:00 WIB | 175 Views

Mesin Evolution V-twin sudah mendukung merek Harley-Davidson Sportster sejak 1986. Selama bertahun-tahun, mesin yang digerakkan dengan pushrod ini mendapatkan pujian karena keandalan dan simplisitasnya.

Sejak kedatangan Sportster S 2021, mesin Evolution akhirnya digantikan oleh mesin Revolution Max 1250T karena regulasi Euro 5. Di Amerika Serikat, mesin Evolution tetap berada di Sportster 883 dan Forty-Eight. Harley akhirnya beralih ke mesin V-twin berpendingin udara setelah 36 tahun, tetapi pabrikan asal Cina, Shineray ingin beraksi dengan mesin V-Twin 1200cc terbarunya.

Shineray tidak hanya meminjam arsitektur 45 derajat V-twin Harley, tetapi juga mereplikasi banyak aspek dari mesin Evolution. Dari sirip pendingin hingga penutup rocker bawah, dari penutup pushrod chrome hingga lokasi filter oli, unit Shineray secara praktis mengkloning mesin Harley-Davidson yang legendaris.

Bukan cuma sampai di situ, mesin Shineray ini juga mendukung empat camshaft yang menggerakkan masing-masing satu katup berkat pushrod yang dipasang di kanan. Walau sedemikian miripnya, Shineray tetap tidak bisa menyamai performa dari Evolution.

Shineray mengklaim bahwa mesin V-Twin 1.200cc ini punya output 60 hp dan torsi 66,4 lb-ft dengan rasio kompresi 9,1:1. Evo 1.200cc di Sportster Forty-Eight, di sisi lain, menawarkan rasio kompresi 10:1 dengan output 67 hp dan torsi 73 lb-ft.

Shineray sebelumnya membeli perusahaan Italia SWM dan merilis mesin V-twin bermerek SWM, berpendingin cairan, 350cc, 550cc, 850cc, dan 1200cc. Namun, Shineray belum menyatakan motor apa yang akan mendukung mesin V-twin berpendingin udara ini. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
shinray,
#
harley-davidson,
#
v-twin engine,
#
harley-davidson sportster