MENU
icon label
image label
blacklogo

Pabrik Ini Klaim Dapat Memproduksi Sepeda Motor Listrik Setiap 30 Detik

NOV 10, 2021@16:00 WIB | 241 Views

Sama seperti kendaraan yang menjadi netral karbon dan lebih pintar, itu pula yang terjadi dengan pabrik produksi di industri otomotif.

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak fasilitas manufaktur yang didasarkan pada proses otomatis dan menjadi mandiri serta berkelanjutan dalam hal energi. Contoh baru-baru ini adalah pabrik di Tiongkok yang ingin membawa manufaktur kendaraan listrik ke era baru yang cerdas.

Tiongkok terkenal dengan proyek-proyeknya yang megah, dan salah satunya berencana mempertemukan tidak kurang dari 100 perusahaan kendaraan listrik. 

Disebut ‘Basis Produksi Kendaraan Listrik Energi Baru Tiongkok-ASEAN”, proyek skala besar ini didirikan di Distrik Gangbei, Kota Guigang, Guangxi. Tujuan dari pusat pengembangan kendaraan listrik yang mengesankan ini adalah untuk memproduksi empat juta kendaraan roda dua listrik, 500 ribu roda tiga dan lima juta set suku cadang per tahun.

Menurut pejabat Distrik, 50 perusahaan telah memulai operasi di pangkalan baru. Salah satu tambahan terbaru adalah pabrik pintar Luyuan, yang dibangun dalam waktu kurang dari setahun. Pabrik membentang lebih dari 172.000 meter persegi dan memiliki kapasitas tahunan yang diperkirakan 1,5 juta unit. Tetapi pabrik kendaraan listrik besar ini juga dirancang untuk membawa proses produksi ke tingkat berikutnya.

Pabrik pintar akan menampilkan 10 jalur produksi otomatis (lima di antaranya telah diselesaikan sejauh ini), yang akan melakukan tugas pra-perakitan pada saat yang bersamaan. Dengan demikian, sepeda motor listrik akan selesai setiap 30 detik. Selain itu, pemotongan, pembengkokan, dan pengelasan otomatis akan dipantau dengan sistem canggih, yang menyebabkan kesalahan akurasi rangka kurang dari 0,5 mm.

Pabrik pintar Luyuan Guigang juga seharusnya menambahkan konektivitas waktu nyata ke pemrosesan otomatis untuk aliran produksi yang maju secara digital. Perusahaan juga menyatakan bahwa ada 60 robot las yang beroperasi di pabrik saat ini, yang berarti jumlahnya akan meningkat.

Meskipun perusahaan kendaraan listrik Luyuan tidak berniat sejauh ini untuk menjadi merek internasional dan lebih fokus untuk menjadi pemimpin di Tiongkok Selatan, pabrik pintarnya adalah contoh menarik dari seperti apa sebagian besar pabrik kendaraan listrik di masa depan. [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
luyuan guigang,
#
pabrik pintar,
#
sepeda motor listrik