MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Magnite vs Kia Sonet: Pertempuran Para Pendatang Baru!

JAN 07, 2021@17:15 WIB | 589 Views

Nissan Magnite dan Kia Sonet adalah tambahan terbaru untuk segmen SUV sub-kompak yang tumbuh paling cepat di Indonesia. Kia Sonet diperkenalkan pada bulan November 2020 dan Nissan Magnite satu bulan kemudian tepatnya diluncurkan pada bulan Desember 2020. Untuk harga, Kia Sonet ditawarkan mulai dari harga Rp193 juta hingga Rp 289 Juta, sedangkan Nissan Magnite dibandrol mulai dari harga Rp208,8 - Rp 238,8 Juta. Semua harga ini sudah termasuk On The Road Jakarta. 

Banyak pertanyaan dari pecinta otomotif apa saja kelebihan dari dua mobil SUV terbaru ini. Apakah harga ini sudah sesuai dengan fitur-fitur yang ditawarkan? Blackpals gak usah khawatir, berikut redaksi untuk memaparkan fitur-fitur yang terdapat di kedua mobil SUV ini, tinggal Blackpals sendiri yang menilainya!

Spesifikasi  

Nissan Magnite ditenagai oleh HRAO 1.0 liter Turbo yang sedikit lebih bertenaga menghasilkan 99 hp / 160 Nm. Mesin HRAO TURBO ini menggunakan teknologi “mirror bore cylinder coating” yang juga digunakan Nissan GT-R, untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, mengurangi bobot, meningkatkan manajemen panas dan pembakaran. Mesin ini tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan X-TRONIC CVT.  Mesin HRA0 1.0 liter Turbo ini memberikan akselerasi hingga 50% lebih baik dibandingkan mesin non-turbo di kelasnya. Sedangkan Kia Sonet dilengkapi dengan mesin 4-cylinder 1493cc, yang memiliki tenaga 113 hp dan torsi 144 Nm yang disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Baik Nissan Magnite dan Kia Sonet memiliki panjang dan jarak sumbu roda yang identik. Panjang Magnite 3994 mm sedangkan Sonet 4120 mm, namun, boot Sonet jauh lebih besar dari pada Magnite. Tapi itu mengganggu kenyamanan kursi belakang dan ruang di dalam Sonet. Oleh karena itu, Magnite memiliki pengalaman duduk belakang yang lebih baik. Keunggulan tinggi dan lebar Kia Sonet memberikan tampilan yang lebih berotot dan lebih besar, yang hanya merupakan hal positif dalam dunia SUV.

Secara keseluruhan, Nissan Magnite-lah yang mampu mengoptimalkan interior dengan lebih baik, sesuai dengan dimensi mobilnya.

Eksterior

Nissan secara resmi menyebut Magnite: Berani dan cantik dan memang itulah eksterior Magnite. Anda tidak bisa melewatkan gril krom besar di bagian depan, bersama dengan Lampu Depan LED Bi-Projector First-in-segment yang ramping dan bergaya dengan indikator belok LED. LED DRL berbentuk L dengan lampu kabut LED juga menonjolkan bagian tepi bemper. Lengkungan roda yang agresif dan ground clearance 205 mm memberikan kesan yang agak sporty. Profil sampingnya benar-benar menonjol, berkat sabuk krom yang mengelilingi jendela serta seperempat kaca di bagian belakang untuk memberikan kesan lapang di kabin. Lampu belakang dengan belahan lebar membuatnya terlihat lebih lebar dari yang sebenarnya. All-in-all, pilihan desain yang berani adalah tujuan Nissan di sini dan kami tidak mengeluh. Jelas terlihat sporty dan berani, terutama dengan pelat selip perak itu.


Bagian depan Kia Sonet tampil berani, dengan gril hidung Tiger yang khas dikelilingi oleh pelek krom, Lampu Depan LED Crown Jewel dengan DRL LED Heartbeat. Rel atap, pegangan pintu krom, dan krom di sekeliling garis jendela menonjolkan daya tarik profil samping Sonet. Lampu depan belakang disambungkan dengan strip reflektor yang membuat desain belakang terlihat modern dan lebar. Pada varian GT, gril depan memiliki sisipan warna merah yang menawan untuk memberikan kesan sporty. Terdapat pelat selip di bagian depan dan juga di bagian belakang agar terlihat kokoh dan berotot. Secara keseluruhan, ini adalah SUV sub-kompak yang cantik dan sporty.

Interior, Fitur dan Keamanan

Menjadi peluncuran terbaru, Magnite dipenuhi dengan semua teknologi dan fitur. Interior Magnite tentu berorientasi pada pengemudi, dengan konsol tengah dimiringkan 5 derajat ke arah pengemudi. Ada cluster digital 7 inci dan layar instrumen digital 8 inci dengan konektivitas nirkabel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Kontrol yang dipasang di kemudi dan cruise control membantu meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan. Sebagai fitur opsional, seseorang dapat meningkatkan ke pengisian nirkabel, Sistem Audio JBL dan Teknologi Mobil Terhubung Nissan. Di bagian keselamatan, terdapat kamera 360 derajat surround-view, Hill-start Assist, Traction Control, Vehicle Dynamic Control, ISOFIX child seat mount, Tire Pressure Monitoring System, ABS dan Dual-Airbags.

Kia Sonet, seperti saudaranya, Seltos, dilengkapi sepenuhnya dengan semua teknologi terbaru, kenyamanan, keamanan dan fitur-fitur menarik untuk membuat Anda dimanjakan di dalam kabin. Begitu Anda memasuki mobil, Anda akan disambut dengan Sistem Infotainment Layar Sentuh mengambang 10,25 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, Cluster Instrumen Digital, Dasbor Bertekstur Berkualitas Tinggi, Kursi Depan Berventilasi, Teknologi Mobil Terhubung UVO, Pembersih Udara, Mode Drive, Sunroof, Pengisian Nirkabel, Perintah Suara, Sistem Suara Bose 7 Speaker, Cruise Control, Lampu Suasana Sekitar LED, dan Cruise Control. Di bagian keselamatan, Sonet menawarkan, 6 Airbag, ABS dengan EBD, ESC dengan Hill Ascent Control, Vehicle Stability Management, ISOFIX child anchor, Sensor parkir depan dan belakang dengan kamera belakang dan sistem pemantauan tekanan ban. 

Untuk spesifikasi ini, Nissan Magnite dengan spesifikasi terbaik telah melindungi Anda dengan semua fitur teknologi dan kenyamanan terbaru.

Pilih yang mana?

Jika Anda ingin berbagai pilihan mesin dan transmisi untuk dipilih, maka Kia Sonet akan menawarkan kepada Anda sejumlah besar kombinasi mesin-gearbox. Dalam hal transmisi otomatis, Kia Sonet Turbo-bensin DCT serta Torque Converter Diesel secara mengejutkan cepat dan responsif serta menawarkan kemampuan berkendara yang hebat. Manual bensin-turbo 1L dari Magnite dapat menjadi pilihan yang layak bagi seseorang yang mencari opsi manual uang yang bernilai tinggi. [ibd/timBX]

Tags :

#
nissan magnite vs kia sonet,
#
nissan magnite,
#
kia sonet,
#
suv