MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Kenalkan Teknologi Kontrol Roda

JAN 13, 2020@13:00 WIB | 190 Views

Nissan memperkenalkan teknologi kontrol empat roda yang dinamakan e-4ORCE untuk mobil listrik bermesin ganda di CES 2019 di Las Vegas. Teknologi ini menggunakan engine depan dan belakang untuk pemulihan dan dirancang menyediakan engine presisi tinggi dan kontrol rem.

Nama e-4ORCE singkatan dari kata "force" dalam kombinasi dengan penggerak empat roda ("4") dan mobilitas listrik ("e-"). Menurut Nissan, teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan kinerja yang seimbang dan dapat diprediksi. Nissan menginginkan penanganan kendaraan yang setara dengan banyak mobil sport premium. Bahkan, produsen premium seperti Porsche sudah meriset hal ini. Porsche baru-baru ini juga mengumumkan pengembangan perangkat lunak yang akan dapat mengatur kontrol torsi untuk keempat roda SUV listrik dengan presisi ekstrim.

Menurut Nissan, teknologi e-4ORCE seharusnya membuat mengemudi di kendaraan roda empat listrik terasa lebih halus dan lebih stabil berkat interaksi yang tepat antara tenaga dan kinerja pengereman. Penggunaan sistem pengereman ganda regeneratif membuat lajur kendaraan lebih halus, dan sistem kontrol torsi menjaga kendaraan tepat di jalur yang diinginkan pengemudi. 

“Teknologi kontrol all wheel twin motor e-4ORCE menawarkan penanganan dan stabilitas yang tepat, yang memberikan rasa percaya diri yang lebih besar kepada para pengemudi dan bahkan lebih banyak kegembiraan dari sebelumnya,” kata Takao Asami, Wakil Presiden Senior Riset dan Teknik Lanjut di Nissan. 

Di CES, Nissan menghadirkan teknologi e-4ORCE dalam mobil konsep Ariya, yang pertama kali ditampilkan di Tokyo sebelumnya.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
nissan,
#
e-4orce,
#
kontrol 4wd,
#
mobil listrik