MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Dapuk Leaf Jadi Taksi Listrik di Indonesia?

MAY 03, 2019@13:00 WIB | 2,211 Views

Pabrikan otomotif asal Jepang Nissan, berencana untuk menghadirkan kendaraan listrik di Tanah Air melalui produk Nissan Leaf pada 2020. Namun, belum bisa dipastikan apakah kehadiran mobil listrik terlaris dunia itu diperuntukkan untuk pengguna pribadi atau akan disodorkan ke korporasi, misalnya sebagai armada perusahaan, taksi atau angkutan percontohan.

Head of Product Communication PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani membenarkan prihal skema kedatangan Nissan Leaf pada tahun depan. Namun, dia enggan berbicara lebih lanjut untuk membahas penggunaan mobil itu di masa depan.

"Kami sudah konfirmasi mau bawa Leaf ke Indonesia. Tapi Terlalu dini untuk membicarakan itu [Nissan Leaf untuk taksi]. Kita lihat saja nanti " katanya awal pekan ini.

Sebagai informasi, Leaf yang bakal diboyong Nissan ke Indonesia merupakan mobil listrik terlaris di dunia dengan penjualan 400ribu unit sejak 2010. Tahun ini, Nissan telah memperkenalkan kendaraan yang sama itu ke Australia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.

"Mobil listrik, Nissan tidak bisa sendirian, tapi butuh ekosistemnya juga. Semakin banyak pemain di market ini, maka semakin bagus. Semakin banyak pemain, marketnya akan terbentuk," jelas Hana.

Berdasarkan laman resmi Nissan Indonesia, Leaf diklaim sebagai evolusi terbaru dari mobil listrik tanpa emisi yang memiliki jangkauan tempuh 400 km dalam sekali pengisian penuh baterai.

Mobil ini juga dibekali dengan fitur e-Pedal yang memungkinkan pengemudi mulai berkendara, mempercepat, melambat dan berhenti, hanya dengan menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal. Saat akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem bekerja secara otomatis, sehingga mobil akan berhenti total.

Akhir bulan lalu, PT Blue Bird Tbk. meluncurkan mobil bertenaga listrik sebagai armada terbaru layanannya. Perusahaan penyedia jasa layanan transprotasi tersebut memilih 25 unit mobil listrik BYD e6 A/T untuk layanan Blue Bird reguler dan 5 unit mobil listrik Tesla Model X 75D AIT untuk layanan Silver Bird atau layanan premium milik Blue Bird.

Direktur PT Blue Bird Tbk. Adrianto Djokosoetono mengungkapkan, selain dukungan dalam bidang pelestarian lingkungan, pengoperasian mobil bertenaga listrik ini juga memberikan nilai tambah dalam kaitan dengan program ketahanan energi nasional,

“Program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM, serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah,” sebutnya dalam kesempatan terpisah.

Adrianto menjelaskan, dengan rencana pengoperasian sebanyak 200 mobil Iistrik hingga 2020, Bluebird akan menghilangkan 434,095 kg emisi C02 atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.

Tags :

#
nissan leaf,
#
nissan motor indonesia,
#
mobil listrik,
#
auto news