MENU
icon label
image label
blacklogo

Next-Gen Volvo XC90 Diorientasikan Jadi Mobil Listrik Dengan Luminar LiDAR dan Komputer AI

JUN 25, 2021@19:00 WIB | 214 Views

Elektrifikasi dalam dunia industri mobil terus berlanjut. Bahkan perusahaan yang awalnya bergerak di bidang teknologi semata, belakangan ambil bagian dalam proyek membangun mobil listrik. Sebut misalnya Apple, Huawei, dan Xiaomi.

Baru-baru ini dalam sebuah pengumuman terbaru Volvo terdapat sesuatu yang menarik, di mana Tesla tidak disinggung sama sekali. Perbandingan pun tidak dapat dihindari ketika pembuat mobil Swedia menyatakan bahwa XC90 generasi berikutnya akan menjadi SUV listrik sepenuhnya. Bahkan, akan memiliki Luminar LiDAR dan komputer AI yang didukung oleh NVIDIA DRIVE Orin system-on-a-chip.

Tujuan dari semuanya agar perangkat keras ini pada akhirnya akan membantu XC90 mengemudi secara mandiri, sesuatu yang telah dijanjikan Tesla akan ditawarkan sejak 2016.

Saat Volvo mengkonfirmasi mobilnya akan memiliki LiDAR, itu tak terhindarkan mengingatkan kita bahwa Tesla menghapus radar dari kendaraannya untuk mengandalkan sistem berbasis kamera. Tujuannya adalah untuk membuat mobil lebih murah, tetapi mereka tidak memberikan pengurangan harga setelah radar dihilangkan.

Menurut Volvo, ide menghadirkan komputer AI dan radar Luminar untuk membantu "menyelamatkan lebih banyak nyawa karena perusahaan menetapkan tolok ukur baru untuk keselamatan otomotif." Itu adalah sesuatu yang juga Tesla klaim untuk diprioritaskan. Perihal nasib buruk perusahaan, pemilik Model S baru-baru ini mengolok-olok moto itu dalam video Tik Tok-nya ketika modul airbag terlepas dari kuk kemudi.

CEO Volvo, Håkan Samuelsson, menyatakan bahwa perusahaannya “adalah, dan selalu menjadi, pemimpin dalam keselamatan.” XC90 dan kendaraan masa depan akan "sekarang menentukan tingkat keamanan mobil berikutnya," dalam kata-kata eksekutif. Meskipun ini adalah klaim yang berani, Volvo mengungkapkannya dengan cara yang konservatif – dan masuk akal.

Volvo tidak berjanji untuk menghadirkan pengemudian otonom. Sebaliknya, perusahaan mengatakan bahwa "teknologi ini diharapkan matang dari waktu ke waktu." Sistem keselamatan masa lalu terutama mengandalkan peringatan pengemudi, sementara yang di masa depan "akan, seiring waktu, semakin campur tangan sesuai kebutuhan untuk mencegah tabrakan." Kesimpulannya, segala sesuatunya akan terjadi selangkah demi selangkah – ketika mereka dicoba dan terbukti cukup untuk ditawarkan kepada pelanggan.

Bukan tidak mungkin XC90 baru akan menggunakan platform listrik khusus yang sama yang akan kita lihat di Polestar 3, crossover yang akan diproduksi Volvo di South Carolina untuk merek saudaranya. Diharapkan Volvo segera mengungkapkan nama arsitektur baru ini. [asl/timBX]

Tags :

#
next-gen volvo xc90,
#
volvo xc90,
#
volvo,
#
mobil listrik,
#
luminar lidar