MENU
icon label
image label
blacklogo

New Nissan GT-R 2022 Hadir Dengan Tenaga Hybrid

FEB 16, 2021@16:30 WIB | 270 Views

Pengganti GT-R saat ini sudah lama terlambat, untuk sedikitnya. Ditinjau oleh Nissan Z Proto, mobil Nissan Z baru akhirnya hadir untuk menggantikan 370Z yang sudah tua. Tapi bagaimana dengan Nissan GT-R ? Seperti 370Z, GT-R generasi saat ini telah dijual selama lebih dari sepuluh tahun sehingga penggantinya sudah lama tertunda. Nissan telah mengonfirmasi penerusnya sedang dalam pengembangan , tetapi dengan detail yang mencurigakan.

Namun, sebuah laporan baru oleh Web Mobil Terbaik Jepang mengklaim GT-R baru yang telah lama ditunggu-tunggu akan diluncurkan pada akhir 2022 dengan beberapa perubahan signifikan di bawah kapnya. Menurut publikasi, standar CAFE (Corporate Average Fuel Economy/Ekonomi Bahan Bakar Rata-rata Perusahaan) yang ketat dan peraturan kebisingan diperkenalkan di Jepang pada tahun 2021. Karena V6 twin-turbo 3.8 liter mobil saat ini tidak memenuhi peraturan ini, GT-R generasi berikutnya akan mengadopsi pengaturan hybrid.

Dengan nama kode R36, GT-R baru dilaporkan akan menggabungkan model saat ini 3.8 liter twin-turbocharged V6 dengan sistem hybrid ringan 48 volt yang menampilkan unit starter-generator terintegrasi, compact lithium-ion battery dan motor listrik kecil. Menambahkan sistem 48 volt akan meningkatkan penghematan bahan bakar dan performa sekaligus "membuat suara mesin lebih lembut" untuk mengurangi kebisingan.

Output untuk powertrain V6 yang dialiri listrik belum dikonfirmasi tetapi menambahkan dorongan listrik seharusnya membuat GT-R baru lebih bertenaga daripada mobil saat ini, yang menghasilkan 600 hp dan torsi 481 lb-ft di GT-R Nismo. Lagi pula, sudah diketahui lebih banyak tenaga yang dapat diekstraksi dari unit ini karena GT-R50 dari Italdesign yang cantik menghasilkan 710 hp, yang berarti 110 kuda lebih banyak daripada Nismo GT-R.

Meski merupakan model baru, GT-R generasi mendatang diharapkan dapat memanfaatkan platform yang sama dengan mobil saat ini. Ini tidak mengherankan karena versi produksi 400Z akan menggunakan dasar yang sama dengan 370Z untuk mengurangi biaya karena Nissan tidak dapat membenarkan investasi yang diperlukan untuk membangun platform baru untuk mobil sport khusus.

Kira-kira kapan bisa mengharapkan GT-R baru tiba? Best Car mengklaim GT-R generasi berikutnya akan debut pada akhir 2022 dan mulai dijual sekitar 2024. Pada saat itu, GT-R saat ini akan dijual selama hampir 17 tahun. Namun sebelum model baru datang, model generasi saat ini juga akan diberikan lagu terakhir dengan "Final Edition " terbatas yang akan tiba pada tahun 2022 dengan versi turunan GT3 yang dimodifikasi dari mesin V6 3.8 liter twin-turbocharged yang menghasilkan 710 hp. Produksi diharapkan dibatasi hingga 20 contoh, masing-masing menelan biaya sekitar 40 juta yen Jepang (sekitar Rp5,3 miliar).  [ibd/timBX]

Tags :

#
new nissan gt-r 2022,
#
nissan gt-r,
#
nissan,
#
nissan z