MENU
icon label
image label
blacklogo

New Ignis Facelift 2020, Perubahan Minor Nan Sporty Targetkan Market 35 Persen

APR 12, 2020@11:30 WIB | 295 Views

Sudah waktunya Suzuki mewujudkan komitmen merebut segmen city car 35%, di market otomotif nasional. Dengan menggeser Suzuki Swift di segmen City Car atau Urban SUV, kehadiran Suzuki Ignis sejak April 2017 selama tiga tahun terakhir, telah menempati posisi  di hati konsumen, dengan penjualan mencapai 6140 unit di Februari tahun 2020.  Sementara sang penantang Honda Brio  mencapai angka fantastis 11.370 unit di periode yang sama. 


Dengan perubahan minor  sejalan dengan nama New Ignis facelift lansiran 2020 ini. Perubahan grille  terlihat lebih sporty, aksen chrome berbentuk huruf U, menggantikan bentuk grille honeycomb generasi sebelumnya.   Airvent dua baris dipasang di bumper depan, memberikan pendinginan ekstra ke ruang mesin. 


Diffuser depan dipertegas garis silver yang besar, pertegas nilai sporty. Sementara foglamp diberikan ruang khusus, merevisi gaya sebelumnya yang menyatu dengan lubang air vent. Sandaran plat nopol juga diberikan khusus. Suzuki mampu merevisi tampilan depan dengan serius, meski dibilang sebagai perubahan minor.


Sektor buritan telah dilengkapi dua lampu reflektor, yang dipisahkan oleh aksen silver pada bumper mengikuti gaya diffuser depan. Dua buah sensor parkir dibenamkan rata pada bumper khusus varian GX. Dua hal tadi cukup membedakan antara generasi New Ignis Facelift dengan edisi sebelumnya. Hanya dua varian yang dikeluarkan untuk New Ignis varian GL dengan transmisi manual dan transmisi AGS (Automatic Gear Shift).  Sementara varian diatasnya GX juga dihadirkan dalam fitur transmisi yang sama. Varian GX  dari new Ignis telah dibekali dengan roofrail dan spoiler yang sporty.


Interior didesain dengan tidak banyak perubahan, tetap dengan dual tone. Sejumlah fitur baru seperti desain kunci yang baru, motif cover pada jok, dan dengan gaya speedometer yang kurang lebih sama. Dengan lampu depan LED, yang tidak dapat diadjutstable kecuali dengan  leveling manual. Varian GL dan GX telah dibekali tilt steering, dibekali tombol menu seperti switch audio control dan bluetooth connection. Sedangkan varian GX telah dilengkapi Keyless Entry dan Start Stop Button. Bagasi belakang mampu menampung hingga 260 liter, dengan split board 60:40.


New Suzuki Ignis telah dibekali fitur keamanan yang cukup tinggi pada kedua varian GL dan GX. Fitur ABS, EBD dan BA. Suzuki mengklaim telah menggunakan flatform baru HEARTECT, side impact beam. Sektor pengemudi telah dibekali dual airbags. Termasuk fitur ISOFIX untuk anak-anak, immobilizer dan pretensioner sealt belt di kursi depan. 
Suzuki masih cukup percaya diri dengan kemampuan mesin berkode K12M, 4 silinder  segaris berkubikasi 1.197 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 82 hp diputaran 6000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm diputaran 4.200 rpm.  Tidak ada pembaruan sama sekali disektor mesin, yang berarti memiliki efisiensi sama  1 liter  menjangkau 23,44  km seperti generasi pertama yang dilaunching 2017 lalu. Mesin K12M sudah memenuhi standar emisi Euro4. 


Sementara dimensi panjang 3700mm, lebar 1690 mm (varian GL) dan 1660 (varian GL). Dengan tinggi 1595 mm dan wheelbase 2435 mm, serta ground clearance 180 mm merupakan yang tertinggi di kelas City Car. Angka dimensi ini lebih menguntungkan karena kabin yang luas, memberikan keluasan head clearance, dan ruang kaki yang lebih nyaman. 


Ignis Facelift 2020 hadir dengan sembilan warna pilihan, pearl arctic white, metallic silky silver, metallic glistening gray, metallic lucent orange (warna baru di GL), pearl midnight black, torquise blue (varian GL), stargaze blue with black roof (warna baru GX), stargaze blue with silver roof (warna baru GX) serta Lucent Orange with Black Roof (warna baru GX).  Harga yang ditawarkan rata-rata naik  Rp5 juta dibanding versi sebelumnya. New Ignis GL M/T Rp171 juta, New Ignis GL AGS Rp181 juta, New Ignis GX M/T Rp190 juta dan New Ignis GX AGS Rp200 juta. 


 Secara performa di kelas city car, Suzuki Ignis sebagai varian paling irit dikelasnya. Meski hanya kalah di putaran atas dengan Brio RS, Ignis cukup unggul diputaran mesin bawah dan menengah karena torsinya cukup nendang di putaran 4200 rpm.  Hanya waktu yang akan menjawab New Ignis Facelift   menjawab serapan market hingga 35%, menguntit si Honda Brio yang memimpin kelas city car tanah air.[Ahs/timBX]

Tags :

#
new ignis 2020,
#
suzuki ignis 2020,
#
urban suv,
#
city car,
#
ignis facelift 2020,
#
fitur unggulan