MENU
icon label
image label
blacklogo

New BMW X1, The Courageous SAV

FEB 06, 2021@09:00 WIB | 307 Views

BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan tiga model terbaru untuk SUV mereka, X1, X3 dan ‘the boss’ X5. Banyak perubahan yang diterima ketiga SAV tersebut, namun untuk memastikannya kami menuju ke salah satu dealer, BMW Astra Sunter untuk melihat mobil terbaru ini. Sayangnya, hanya seri X1 saja yang menjadi display dealer ini, lantaran baru saja diluncurkan. Axel, Product Expert BMW Astra menuturkan, untuk seri X1 yang ada di display merupakan unit CKD/Completely Knock Down. Dengan model CKD ini, BMW X1 bisa dibeli dengan harga Rp 760 juta On the road.

Exterior

Tampang luar dari BMW X1 ini terbilang cukup menarik, meskipun kini tidak lagi menggunakan panoramic roof seperti seri Xline sebelumnya. BMW sendiri menamainya dengan ‘Sleek roof’ atau atau mulus. Tampilan depannya mirip dengan Xline sebelumnya, dengan DRL dan seluruh lampu depannya sudah LED ditambah sensor sebanyak enam titik. Bagian sampingnya, jelas tampilan SUV lainnya tidak kelihatan disini seperti over fender yang keterlaluan besarnya dengan bahan plastik dove. BMW memilih untuk lebih meminimkan fender berbahan ‘plastik’ di setiap bagian rumah rodanya, dan ini yang menarik dari X1. Ketika membuka kunci/unlock, maka terlihat ‘lampu sorot’ bertuliskan X1 keluar, namun ini hanya di bagian driver. Sisanya, disetiap handle pintu tersedia lampu LED yang menerangi di malam hari. Menggunakan velg Y spoke 18” Feric Grey, dengan tambahan pengaman untuk velgnya agar tidak kecurian pastinya plus dengan run flat tyre. Sayangnya, tools untuk ban RFT ini terjual terpisah plus tidak ada ban cadangan. Untuk membuka pintu belakang pun juga bisa dilakukan secara elektrik atau dengan tombol di kunci mobil atau dengan sentuhan sensor kaki/kick door open, menarik.

Mesin

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin bensin BMW TwinPower Turbo 1.5 liter, tiga silinder yang menghasilkan daya maksimum sebesar 140 hp pada 4400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada 1.250 rpm.

Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi baru dual-clutch 7-percepatan, yang memungkinkan transisi yang presisi dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Kendaraan ini melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 9,6 detik.

Interior

Kami rasa, mobil ini lebih menarik jika dikendarai secara pribadi, karena feel berkendaranya sangat pas. Dari posisi duduknya memang untuk sekelas BMW tidak pernah salah, apalagi bangkunya sudah elektrik, dan setir bisa diatur tilt dan telescopic. Tampilan instrument cluster sepenuhnya sudah digital dengan tampilan ala-ala analog.

Tampilan cukup lengkap disini tentunya speedometer dan RPM, odo, MID mini dan sebagainya. Tuas sein tetap di kiri dan wiper berada di kanan khasnya mobil Eropa, sedangkan lampu utam dengan kobnya berada di kanan bawah. Meskipun harga mobil ini menyentuh hampir 800 juta [Rp 40 juta lagi], nyatanya tidak dilengkapi dengan cruise control. Sayang sekali mobil dengan harga segini tidak memiliki cruise control. Dashboard sendiri memang sudah full material empuk, dengan layar floating. Untuk pilihan fitur infotainment BMW X1 terbaru, sangat beragam: termasuk Apple CarPlay yang sangat mudah dikoneksikan secara wireless, tanpa kabel sama sekali. 

BMW X1 terbaru juga telah dilengkapi dengan Parking Assistant dan Rear-view Camera untuk memudahkan pengguna saat parkir, terutama pada saat parkir paralel dengan pengendalian setir secara otomatis. Ambient light juga tersedia di dashboard penumpang depan, dan di door trimnya serta yang menarik, sudah tersedia Alat Pemadam Api Ringan [APAR] di semua mode. Di baris kedua memang tidak banyak ‘hiburan’ tersedia, hanya bangku yang empuk dengan armrest di tengah. Serta dua port type C untuk pengisian daya gadget penggunanya.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
bmw,
#
new bmw x1