MENU
icon label
image label
blacklogo

New BMW M3 2020 Akan Hadir Akhir Tahun ini

APR 21, 2020@14:05 WIB | 570 Views

BMW telah siap untuk segera meluncurkan generasi terbaru dari salah satu varian super saloonnya yakni BMW M3 di paruh kedua tahun ini. Iterasi berikutnya dari performa mobil ikonik empat pintu dari BMW ini tampaknya akan menjalani perombakan mekanis yang komprehensif untuk generasi keenamnya ini, dengan membuat peralihan dari penggerak roda belakang ke penggerak semua roda untuk pertama kalinya.

Ketika sampai di pasar otomotif benua Eropa, BMW M3 generasi baru ini akan berhadapan langsung dengan pesaing yang kuat dari sedan yang berfokus pada performa mesin, termasuk Mercedes-AMG C 63, Audi RS 4 Avant dan Alfa Romeo Giulia Quadrofoglio.

BMW M3 terbaru ini akan ditenagai dengan mesin bensin berkapasitas 3.0 liter twin turbocharged straight six terbaru dari M-Division. Dengan nama kode S58, mesin ini telah melakukan debutnya di duo SUV BMW X3 M dan X4 M, dengan redline hingga 7.200rpm.

Mobil ini rencananya akan ditawarkan dalam dua varian. Model entry level akan mengembangkan tenaga 473 hp, sedangkan varian flagshipnya yakni  "M Competition" yang lebih kuat dan bertenaga akan menghasilkan tenaga 503 hp. Mungkin BMW akan menjual varian Kompetisi ini dengan harga cenderung mulai sekitar £ 65.000 atau sekitar Rp.1.259.601.502.

Seperti M5 yang baru-baru ini juga mendapatkan pembaruan, BMW akan menyesuaikan M3 dengan sistem penggerak empat roda yang dapat dipilih, yang memungkinkan pengemudi untuk mengirim semua daya mesin ke roda belakang. Set up ini ditawarkan untuk bersaing dengan Mercedes-AMG C 63 dan Alfa Romeo Giulia Quadrofoglio, yang keduanya merupakan mobil penggerak roda belakang.

Seperti yang terlihat pada gambar yang beredar, terlihat pembaruan terhadap BMW M3 versi M Sport dari Seri 3 normal akan cukup halus. Perbedaan yang paling jelas adalah track yang melebar, lengkungan roda yang melebar, spoiler yang dipasang di bagasi, bumper depan yang agresif, dan set up knalpot yang memiliki 4 buah muffler.

Masuk ke bagian kabin BMW M3 yang baru, BMW akan menerapkan desain dasbor dan konsol tengah terbaru dari Seri 3 yang baru. Interior berfokus pada pengurangan jumlah tombol, dengan sebagian besar fungsi mobil dikendalikan oleh sistem infotainment iDrive 7.0 yang baru. Beberapa sentuhan kecil, seperti emblem M, trim karbon, kursi sporty, dan pemilih mode penggerak tombol ‘M’ berwarna merah pada setir akan menandai varian model M3.

BMW M3 terbaru juga harus lebih ringan dan lebih gesit daripada model generasi sebelumnya berkat adopsi platform CLAR baru dari BMW. Insinyur M Division akan menggunakan teknologi new stroke dependent damper yang digunakan pada versi reguler Seri 3 terbaru, dan bersama-sama dengan trek yang lebih luas, akan berupaya mengembangkan sistem suspensi adaptif yang akan digunakan untuk BMW M3 generasi berikutnya. [rid/asl/timBX]

Tags :

#
new bmw m3 2020,
#
performa mobil ikonik,
#
spesifikasi bmw m3

RELATED ARTICLE