MENU
icon label
image label
blacklogo

New Alpina B4 Hadirkan Empat Pintu, Diklaim Sebagai Pesaing BMW M4 Competition

MAR 31, 2022@18:00 WIB | 269 Views

Alpina mengisi celah antara BMW 4 Series dan BMW M4 Competition dengan B4 generasi kedua, yang mendapatkan sepasang pintu belakang untuk pertama kalinya.

Didasarkan pada BMW 4 Series Gran Coupé, Alpina B4 Gran Coupé baru tiba beberapa minggu setelah merek tuning yang berbasis di Buchloe itu diakuisisi oleh BMW dan dengan demikian secara resmi dinamai BMW Alpina B4. Mobil ini diharapkan menjadi tambahan terakhir untuk jajaran model BMW modifikasi generasi saat ini.

Seperti halnya BMW 3 Series, Alpina B3, B4 terbaru menggunakan versi yang disetel dari mesin bensin "S58" twin-turbocharged 3.0-liter straight-six, mengirimkan 488bhp dan 538lb ft melalui gearbox otomatis delapan kecepatan ke kedua as roda, membuatnya sedikit lebih unggul secara tenaga dan torsi 59lb ft daripada M4 Competition yang memiliki 503bhp.

Meskipun defisit daya dan beratnya 240kg lebih berat dari M4 Competition dua pintu, B4 sebenarnya 0,1 detik lebih cepat daripada mobil hardcore dengan kemampuan sprint 0-62mph yang hanya membutuhkan waktu 3,7 detik. B4 mengelola 28mpg pada siklus WLTP dan memancarkan 229g/km CO2.

Modifikasi mesin termasuk rumah turbin yang mengubah energi gas buang menjadi tekanan boost pada kecepatan mesin rendah, intercooler yang lebih besar, sistem filter udara yang ditingkatkan, dan sistem pendingin yang dioptimalkan.

Gearbox telah diperkuat untuk mengatasi output torsi yang ditingkatkan secara substansial dan dikonfigurasi untuk mengirim sebagian besar tenaga mesin ke belakang, ‘sebagaimana layaknya karakter atletik’ dari mobil. Tidak seperti M4, B4 diarahkan agar pengemudi memiliki dinamika tingkat tinggi namun mendapatkan rasa nyaman, dan karena itulah sasis dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Alpina juga menambahkan perubahan lain agar memberikan karakter berbeda pada B4, ditambah tiga mode respons kemudi yang berbeda. Rem juga telah ditingkatkan, dengan kaliper empat piston mencengkeram cakram 395mm di bagian depan dan kaliper mengambang dipasangkan dengan cakram 345mm di bagian belakang.

Seperti biasa, untuk mobil Alpina, perbedaan gaya pada 4 Series standar jauh lebih halus daripada M4. Bemper memiliki desain yang unik, spoiler, knalpot, side skirt dan lencana adalah tanda yang jelas, ditambah ada interpretasi baru dari desain velg 20-spoke yang menjadi ciri khas merek tersebut. Alpina mengatakan proses manufaktur baru berarti roda 20 inci ini memberi bobot masing-masing hanya 12kg. Mereka dibungkus dengan ban Pirelli P-Zero berperforma tinggi yang dirancang khusus untuk Alpina.

B4 saat ini sudah bisa tersedia namun pengiriman unit pada pertengahan tahun ini, dengan banderol mulai dari 80.663 poundsterling atau sekitar Rp1,51 miliar. [dhe/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
alpina,
#
bmw,
#
bmw 4 series,
#
bmw m4 competition,
#
b4