MENU
icon label
image label
blacklogo

Nantinya 3 Model Terbaru Suzuki Ini Punya Mesin Listrik Canggih

DEC 27, 2019@08:00 WIB | 275 Views

Sejalan dengan rencana yang berkelanjutan untuk mengurangi emisi CO2 dan meningkatkan penghematan bahan bakar di seluruh model kendaraannya, Suzuki bersemangat untuk memperkenalkan tiga model yang dilengkapi 48-Volt Self-Charging Hybrid ke jajaran modelnya di 2020 besok yang juga akan mencakup peluncuran mesin bensin K14D Boosterjet baru.

Hybrid Powertrain baru akan diperkenalkan untuk model Swift Sport, Vitara dan S-Cross dan menawarkan emisi CO2 lebih rendah hingga 20 persen, torsi yang lebih besar dan peningkatan dalam konsumsi bahan bakar yang lebih irit 15 persen. Model-model ini akan langsung menggantikan mesin Boosterjet 1,4 liter sebelumnya.

Kinerjanya mirip dengan prinsip dasar sistem 12V Hybrid SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang dipelopori Suzuki pada tahun 2016 dan dipasang untuk semua model transmisi manual di tiap model Ignis dan model Swift SZ5, 48V Hybrid Powertrain yang baru dikembangkan sangat ringan dalam desain dan komponen, sehingga tak heran bobotnya lebih enteng 15 kg dari berat keseluruhan.

Sistem Suzuki SHVS yang baru dan lebih bertenaga terdiri dari baterai lithium-ion 48V, Integrated Starter Generator (dikenal sebagai ISG) dan konverter 48V-12V (DC/DC) ke komponen daya yang memerlukan tegangan lebih rendah termasuk lampu, audio, dan pendingin udara. ISG bertindak sebagai motor generator dan starter, digerakkan sabuk dan membantu mesin bensin saat melesat untuk torsi yang lebih tinggi dengan 235 Nm tersedia mulai 2.000 rpm.

Baterai lithium-ion yang kompak dan berkinerja tinggi menyimpan energi listrik dari deselerasi dan pengereman serta menggabungkan fungsi berhenti yang dioperasikan melalui Integrated Starter Generator. Baterai ini, bersama dengan unit konverter DC/DC, terletak di bawah jok kursi depan untuk membantu distribusi bobot keseluruhan.

Manfaat lebih lanjut dari sistem 48V Hybrid baru adalah pengenalan idling motor listrik ketika kopling dilepas dan kecepatan mesin sekitar 1.000rpm. Fitur ini pada dasarnya menggantikan injeksi bahan bakar dengan daya dari motor listrik untuk kemudian mengendalikan dan mempertahankan putaran mesin pada kecepatan kendaraan di bawah 20 km/jam dan saat diam. [bil/timBX]

Tags :

#
suzuki,
#
suzuki indomobil sales,
#
s-cross,
#
vitara,
#
swift,
#
crossover,
#
suv,
#
elektrifikasi,
#
mobil listrik,
#
smart hybrid vehicle,
#
12v hybrid shvs,
#
48v hybrid powertrain,
#
integrated starter generator,
#
boosterjet,
#
auto news