MENU
icon label
image label
blacklogo

Unik Bergaya Lawas Ala 50-an, Ini Skuter Listrik Buatan MV Agusta-Kymco

NOV 29, 2022@13:00 WIB | 823 Views

MV Agusta lebih dikenal sebagai pabrikan yang membuat motor bergaya agresif, street fighter, dan sport yang keren. Namun, kini pabrikan Italia tersebut mulai melirik pasar urban transportation, dengan menghadirkan skuter listrik yang modern.

Skuter EV bernama Ampelio tersebut di kembangkan MV Agusta bersama dengan perusahaan dari Taiwan, Kymco. Untuk desain, skuter listrik ini didesain oleh Maksim Ponomarev, desainer MV Agusta asal Rusia, dan tampil beda dengan mengambil inspirasi dari sepeda motor tahun 50-an.

Terlihat dari hasil render, motor ini memiliki desain membulat dengan tepong gembung yang seringkali ditemui pada skuter-skuter Eropa lawas coba kembali hadir di Ampelio. Tak salah, karena inspirasi desainnya diambil dari skuter klasik MV Agusta Ovunque dan CGT keluaran 50-an.

Ciri khas paling menonjol terlihat di headlamp bulat dan bodi yang tampak gembung, tapi memanjang ke belakang ini tetap bertahan.

Bedanya, mesin bensin konvensional di bagian belakang tak lagi terekspos, karena tertutup tepong rapat. Walaupun tampil lawas, ada aksen modern tersirat dari penggunaan rem cakram dan suspensi telekospik di bagian depan.

Meski punya desain yang dikembangkan sendiri namun dari area platform dan teknologi motor listriknya diambil dari Kymco. Motor listrik yang dipakai berbasis Kymco S7.

MV Agusta Ampelio mengusung motor listrik dengan keluaran daya rata-rata 4,1 kW dan tenaga maksimal 7,2 kW. Besaran tenaganya diatur via riding mode yang terbagi dari tipe Normal dan Sport. 

Sedangkan sumber tenaganya didapat dari dua buah baterai portable 1,7 kWh bertipe Ionex. Daya jelajahnya diklaim mencapai 85 km dalam kondisi dua baterai tersebut terisi penuh.

Fitur lainnya adalah keyless ignition. Lalu ada sistem pengereman combi brake dengan tambahan ABS yang masih dalam tahap evaluasi untuk pengaplikasiannya.

Belum ada kabar kapan Ampelio akan memasuki produksi atau berapa harga akhirnya. Tetap saja, ini adalah purwarupa yang terlihat avant garde bagi MV Agusta untuk menginjakkan kaki di pintu EV dengan beberapa teknologi baterai yang telah terbukti dan mitra yang berpengalaman. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kymco,
#
mv agusta,
#
italia,
#
skuter,
#
ev skuter,
#
skuter listrik,
#
ampelio