MENU
icon label
image label
blacklogo

Mulai 2025, Volvo EX30 Akan Diproduksi di Eropa

OCT 27, 2023@10:36 WIB | 228 Views

Permintaan yang tinggi untuk model terbaru EX30, membuat Volvo berencana membuka pabrik manufaktur keduanya di wilayah Eropa. Rencananya pabrik di Gent, Belgia segera difungsikan untuk membangun crossover listrik kompak ini mulai 2025 mendatang.

Sebelumnya, pabrikan asal Swedia itu hanya mengandalkan pabrik di Zhangjiakou, China dan sudah siap melakukan pengiriman pertama di akhir 2023.

Pabrik di Eropa akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan EX30 di Eropa, serta untuk ekspor global. Pabrik tersebut sudah terlibat dalam produksi model listrik XC40 dan C40.

Volvo menggarisbawahi bahwa ambisinya adalah memproduksi mobil di tempat yang dapat dijual sebanyak mungkin, mengingat model XC60 dan XC40 terlaris sudah diproduksi di Eropa dan Tiongkok.

Memiliki dua lokasi produksi terpisah di seluruh dunia juga menambah fleksibilitas produksi untuk model ini, yang diharapkan menjadi salah satu model terlaris Volvo. Di tengah tantangan rantai pasokan saat ini dan potensi perselisihan antara Uni Eropa dan Tiongkok terkait impor mobil listrik, fleksibilitas adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan.

Volvo EX30 diperkenalkan awal tahun ini dan akan dijual secara global, termasuk di AS, di mana harga versi penggerak roda belakang akan mulai dari $36,245 . Versi all-wheel drive akan jauh lebih mahal – mulai dari $46.095.

Akan menarik untuk melihat apakah Volvo akan mampu mempertahankan harga dengan produksi Eropa. Karena biasanya produksi di sana dianggap lebih mahal dibandingkan pabrik di China.

Jim Rowan, Chief Executive Volvo Cars menjelaskan: “Ambisi kami adalah menjual EX30 di seluruh dunia dengan harga yang menarik, memudahkan transisi ke mobil listrik Volvo untuk lebih banyak orang sekaligus berkontribusi terhadap margin perusahaan. Menambah produksi di Ghent adalah langkah logis karena kami bertujuan untuk memenuhi permintaan yang kuat terhadap SUV listrik kecil kami yang menarik di seluruh dunia.”

Rencana Volvo adalah meningkatkan pangsa penjualan mobil listrik hingga 50 persen pada pertengahan dekade dan 100 persen pada tahun 2030. Selain EX30, ada juga Volvo EX90 dan Volvo  EM90 yang sedang dalam proses produksi . [wic/timBX]

Tags :

#
volvo ex30,
#
pabrik volvo,
#
pabrik gent,
#
volvo belgia,
#
ex30 eropa