MENU
icon label
image label
blacklogo

MSO X Jadi Contoh Kepiawaian McLaren Membuat Supercar

JAN 29, 2018@11:30 WIB | 188 Views

10 unit sportscar McLaren unik yang meniru tampilan dan nuansa mobil balap McLaren 570S GT4 namun sepenuhnya legal di jalanan, akhirnya bisa dikirim ke pemilik baru mereka pada event McLaren khusus buat pelanggannya di dekat Las Vegas, Amerika Serikat. Dibuat khusus sebagai proyek MSO – bentuk layanan dari McLaren Special Operations (MSO) yang memungkinkan personalisasi mobil McLaren yang nyaris tak terbatas - 10 mobil MSO X dipesan oleh diler McLaren terbesar di Amerika, McLaren Newport Beach.

Dirancang untuk mencerminkan penampilan eksterior dari mobil balap McLaren 570S GT4 semaksimal mungkin, mobil MSO X sengaja dibuat sesuai dengan teknik perancangan mobil balap dan semuanya terinspirasi oleh mobil balap ketahanan McLaren F1 GTR yang kondang di era 1990an.

Desain MSO X yang disempurnakan mengoptimalkan efisiensi aerodinamika, dengan masing-masing mobil menampilkan sayap belakang anyaman anyar yang terinspirasi 570S GT4 yang bisa memberikan  ekstra downforce sebesar 100 kg. Snorkel intake udara 'goose neck' di atap dari serat karbon berfungsi untuk meningkatkan induksi aliran udara, terinspirasi oleh 1997 F1 GTR Longtail, dimana turut memberikan efek suara kokpit yang unik.

Transformasi ini dilengkapi dengan ditambahnya sirip bemper depan, sebuah MSO Titanium Super Sports Exhaust, ban Pirelli P ZERO CORSA dan kap mesin bergaya 570S GT4 dengan intake udara yang dibuat khusus agar bisa sinergi dengan snorkel dan sayap belakang sebagai paket aerodinamika MSO. Penggunaan serat karbon satin secara ekstensif ikut pula diterapkan di seluruh bodywork, termasuk atap, bonnet, side skirt dan penutup mesin, serta bumper belakang yang unik dengan 'cut-out', membantu mengurangi bobot bodi.

Bagian interior setiap mobil MSO X dilengkapi dengan desain berorientasi sirkuit dan minimalis dan terlihat berbeda dengan mobil jalanan McLaren Sports Series lainnya. Serat karbon Monocell 2 chassis sengaja dibuat terbuka, melengkapi jok bucket shell karbon, panel pintu serat karbon dan sekat serat karbon yang dibuat khusus untuk ruang penyimpanan helm balap.

Konsol penyimpanan tengah dilepas untuk menghemat bobot dan konsol tengah serat karbon yang ada di 570S GT4 dipinjam agar menonjolkan kesan balap. Mobil MSO X juga dilengkapi dengan batang harness pelindung yang dicat sesuai warna bodi untuk menahan sabuk pengaman balap 6 titik untuk pengendaraan sirkuit (selain sabuk pengaman tiga titik biasa) dan McLaren Track Telemetry dengan dukungan penuh kamera.

Sesuai faktanya bahwa mobil MSO X dirancang untuk dipacu di jalanan untuk menuju ke sirkuit, fitur McLaren untuk pengunaan di jalanan setidaknya tetap dipertahankan sebagian, dengan adanya sensor parkir, kamera belakang, peninggi kendaraan dan AC pendingin balapan di semua kendaraan. Proses pembuatan MSO X dari mulai desain lalu ke perakitan 10 mobil ini hingga ke proses pengiriman hanya membutuhkan waktu delapan bulan. [bil/timBX]

Tags :

#
mclaren mso x,
#
mclaren,
#
blackauto,
#
autonews,
#
supercar