MENU
icon label
image label
blacklogo

Motor Cafe Racer ala RYCA Motors, Bagaimana Penampakannya?

SEP 07, 2020@09:30 WIB | 286 Views

Satu dekade lalu, RYCA Motors dari California memecahkan sesuatu yang hampir tidak mungkin saat mereka menemukan cara mengubah Suzuki Savage menjadi Café Racer yang memukau. Kemudian mereka membuat kit agar pembuat bengkel dapat melakukan hal yang sama, hanya dengan menggunakan alat dan keterampilan dasar.

Hal tampaknya sukses besar, dan mereka sekarang merayakan ulang tahun kesepuluh dengan kit baru 'CS-1X' yang dirancang menggunakan augmented reality. Ini adalah pendekatan yang belum pernah siapapun dengar dan tampaknya cukup menarik.

Pendiri RYCA, Ryan Rajewski dan Casey Stevenson, adalah penggemar teknologi AR, dan memiliki rencana besar untuk menggunakannya. Casey lah yang pertama kali mendapatkan ide untuk menggabungkan AR dan sepeda motor beberapa tahun yang lalu saat merombak rumahnya, dia menggunakan aplikasi AR dasar dari pengecer furnitur, dan terkesan dengan betapa bergunanya aplikasi tersebut untuk memvisualisasikan ide.

“Saya menelepon teman saya Yohan Baillot, merupakan pionir sejati di bidang AR,” katanya. “Saya mengatakan kepadanya bahwa saya telah menggunakan aplikasi IKEA, dan bertanya apakah kami dapat melakukan sesuatu dengan sepeda motor. Kami membuat prototipe AR pertama kami berdasarkan Ducati Scrambler, dan ternyata luar biasa.

“Kami memiliki bagian 'virtual' untuk digunakan, seperti sulap. Jadi ketika tiba waktunya untuk membuat CS-1 edisi ulang tahun kesepuluh, kami ingin menggunakan AR dengan cara yang praktis dan realistis. Untuk membuktikan itu bukan hal baru atau mainan."

Casey dan Ryan ingin mempertahankan estetika kit asli sekaligus meningkatkannya. Dimulai dengan Suzuki Savage model 2006 (juga dikenal sebagai Boulevard S40), mereka membuat prototipe CS-1X dengan campuran suku cadang yang ada dan yang baru.

“Pada hari-hari biasa, Ryan akan datang dengan ide desain, dan saya akan mengumpulkan model 3D dari konsep tersebut,” kata Casey. “Kami akan menggunakan AR untuk 'melihatnya' dengan motor, dalam konteks penuh, lalu menggunakannya atau beralih ke hal lain. Itu hal paling menyenangkan yang pernah kami alami dalam mendesain dan membuat sepeda motor."

Salah satu penyimpangan terbesar dari kit asli RYCA adalah tangki bahan bakarnya. Set-up asli menggunakan tangki stok Suzuki, tetapi CS-1X menggunakan upgrade baru dengan baut. Cangkang baja 2,4 galon dipasok oleh vendor eksternal, dan kemudian dimodifikasi sendiri dengan terowongan dan dudukan baru yang khusus untuk Savage.

Pada prototipe ini, Ryan juga memiliki tangki yang dipoles dan dikrom tiga kali oleh Brett di Cal-Tron Plating Inc.

Selanjutnya adalah knalpot dan intake ‘double barrel shotgun’ unik CS-1X. “Saya ingin membuat sesuatu yang sedikit berbeda kali ini,” kata Ryan, “Jadi saya merancang asupan gaya udara ram yang berselang-seling dan berjalan sejajar dengan knalpot tengah yang tertutup rapat. Ini adalah sistem yang bergaya dan fungsional yang terlihat dan terdengar mengagumkan."

Untuk bagian ekor Suzuki, RYCA menggunakan versi berlapis kain dari desain jok café style saat ini. Ryan kemudian membuat satu set penutup samping baru dari aluminium - dilengkapi slot berventilasi - yang menyembunyikan baki elektronik baru.

Ryan juga memutuskan untuk membuang belt drive Savage untuk konversi rantai, tetapi sebagian besar perlengkapan finishing lainnya langsung tersedia di rak RYCA. Mereka telah memasang set belakang, clip on, shock belakang dan kit penurun garpu depan mereka sendiri.

Roda 18” juga merupakan bagian dari kit, dan dibungkus Vintage Super Classic 270 dari Shinko. Sama seperti kit yang pertama kali dibuat RYCA sepuluh tahun lalu, CS-1X sangat bersih dan proporsional.

RYCA menawarkan lima kit edisi terbatas pertama sebagai keuntungan bagi orang-orang yang berinvestasi dalam konsep FantomView, dimana platform AR yang mereka kembangkan sejauh ini telah mengumpulkan $ 65.000 melalui crowdfunding yang luar biasa. Ini ditujukan untuk semua orang mulai dari dealer sepeda motor yang ingin membuat showroom tiruan. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cafe racer,
#
ryca motors,
#
suzuki savage,
#
motor custom