MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Tersandung Corona, Grand Prix Prancis Ditunda

APR 04, 2020@10:00 WIB | 157 Views

Jumlah balapan MotoGP yang dibatalkan atau ditunda karena pandemi virus corona telah meningkat menjadi enam, setelah Grand Prix Prancis untuk bulan Mei secara resmi ditunda pada hari Kamis (2/4/2020).

MotoGP belum menjalankan balapan kelas utama sepanjang tahun 2020 ini, setelah pembuka musim di Qatar pada awal bulan lalu dibatalkan seminggu sebelum jadwal yang ditetapkan karena langkah-langkah perjalanan yang lebih ketat oleh negara tuan rumah karena COVID-19.

Ketika masalah virus terus memburuk di seluruh dunia, putaran berikutnya di Thailand, Amerika Serikat, Argentina dan Spanyol ditunda oleh promotor MotoGP (Dorna Sports) dan badan pengatur FIM.

Bulan lalu, ACO mengumumkan bahwa balapan mobil Le Mans 24 Hours tahun ini telah dikeluarkan dari slot bulan Juni hingga September, yang sebelumnya dijadwalkan pada 15-17 Mei 2020.

Panitia diharapkan membuat keputusan tentang lomba pada awal April, dengan yang baru dikonfirmasi pada akhir pekan ini.

Seperti dengan penundaan Grand Prix Spanyol di Jerez—yang dijadwalkan berlangsung pada 3 Mei 2020—tidak ada kalender yang direvisi yang telah dikeluarkan karena sifat cair dari pandemi COVID-19.

Pernyataan singkat dari FIM berbunyi: "FIM, IRTA dan Dorna Sports menyesal mengumumkan penundaan Grand Prix de France, yang akan diadakan di Sirkuit Bugatti di Le Mans dari tanggal 15 hingga 17.

"Wabah virus corona yang sedang berlangsung telah mewajibkan acara tersebut dijadwal ulang.

"Karena situasinya tetap dalam keadaan evolusi konstan, tanggal baru untuk MotoGP Prancis dan Gran Premio Red Bull de España yang baru-baru ini ditunda tidak dapat dikonfirmasi sampai menjadi lebih jelas kapan tepatnya kemungkinan untuk mengadakan acara.

"Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia."

Dorna sebelumnya tetap berkomitmen untuk menjalankan 19 balapan (Qatar tidak akan dijadwal ulang karena pekerjaan penting yang berlangsung akhir tahun ini) dalam kalender yang direvisi, dengan ide-ide seperti akhir pekan yang menjalankan dua balapan dan musim berlangsung hingga Januari masuk dalam perdebatan.

Namun, tampaknya Dorna telah melonggarkan pendekatan ini dan dianggap sedang menjalankan putaran yang jauh lebih sedikit dan menghindari perluasan musim ke 2021.

Secara kontrak, Dorna harus menjalankan 13 balapan, meskipun keunikan situasi saat ini akan memungkinkan fleksibilitas.

Grand Prix Italia pada akhir Mei juga akan ditunda, meskipun konfirmasi resmi masih belum dibuat. [Ade/Asl/timBX]

Tags :

#
covid-19,
#
motogp,
#
grand prix prancis,
#
dorna sports,
#
motogp prancis ditunda