MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Terkait Doping, Sidang untuk Andrea Iannone Telah Ditetapkan

JAN 22, 2020@20:00 WIB | 272 Views

Sidang banding Andrea Iannone untuk membatalkan sanksi doping dari FIM telah ditetapkan untuk 4 Februari 2020, yang berarti ia akan melewatkan putaran pertama pra-musim MotoGP.

Pebalap Aprilia itu dinyatakan positif menggunakan steroid anabolik selama musim dingin dari sampel yang diambil selama saat Grand Prix Malaysia, yang ia klaim dicerna melalui makanan yang terkontaminasi.

Media Italia melaporkan sampel urin kedua Iannone juga positif untuk kandungan obat yang dimaksud, meskipun pria 30 tahun itu telah mempertahankan sikapnya.

Menurut dari berbagai sumber juga, Iannone akan menghadiri sidang Pengadilan Disiplin Internasional FIM di Swiss pada tanggal 4 Februari 2020, dan punya waktu hingga 31 Januari 2020 untuk menyiapkan daftar saksi.

Uji coba pra-musim pertama tahun ini dilangsungkan di Sepang pada 2 Februari 2020 dengan sesi ‘shakedown’ selama tiga hari untuk test-rider dan tim konsesi, Iannone akan absen meskipun Aprilia belum secara resmi mengonfirmasi hal tersebut.

Setelah semua bukti telah didengar, pengadilan akan punya waktu 45 hari untuk memutuskan vonis, meskipun Aprilia dan Iannone kemungkinan akan berusaha mengurangi hukuman agar bisa mengkuti perlombaan secara resmi.

Namun semua bergantung pada putusan sidang, Iannone bisa terancam sanksi absen dari kompetisi hingga empat tahun lamanya.

Iannone tidak hari saat uji coba Sepang. Test-rider Aprilia Bradley Smith kemungkinan akan memiliki program yang diperluas bersama Aleix Espargaro.

Pekan lalu, berbagai media Italia melaporkan bahwa Max Biaggi (pemenang lomba MotoGP 13 kali dan duta besar merek Aprilia) telah dikaitkan dengan peluang menjadi test-rider di Sepang.

Akan tetapi, sekarang ini kelihatannya tidak mungkin, karena Lorenzo Savadori (pebalap World Superbike) justru sedang mempersiapkan diri untuk mengendarai motor RS-GP yang berusia satu tahun pada uji coba Sepang. Hal tersebut untuk meningkatkan pengumpulan data Aprilia yang sedang mempersiapkan debut dengan fitur mesin V4 90-degree.

Savadori memiliki kesepakatan untuk balapan dengan tim Pedercini Kawasaki di WSBK untuk tahun 2020, tetapi hal tersebut kabarnya batal karena pihak sponsor mengundurkan diri.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
andrea iannone,
#
aprilia,
#
doping