MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Satu Lagi, MotoGP Jepang Resmi Dibatalkan Karena Pandemi

JUN 02, 2020@11:30 WIB | 131 Views

MotoGP telah mengumumkan Grand Prix Jepang tahun 2020 (di sirkuit Motegi) telah dibatalkan karena pandemi virus corona. Menyusul semua balapan di luar negeri yang juga ditunda hingga pertengahan November.

Pandemi Covid-19 telah memaksa MotoGP untuk dihentikan sejak awal Maret, ketika saat itu hanya mampu menjalankan Moto2 dan Moto3 di Qatar setelah membatalkan acara MotoGP.

Setelah itu, enam balapan berikutnya resmi dibatalkan untuk tahun 2020, dengan Grand Prix Jepang mengikuti Grand Prix Inggris, Australia, Belanda, Jerman dan Finlandia masuk ke daftar pembatalan.

MotoGP telah mengungkap rencana untuk memulai musim di sirkuti Jerez pada 19 dan 26 Juli secara beruntun sambil menunggu persetujuan pemerintah Spanyol.

Dengan promotor MotoGP (Dorna Sports) ingin menjalankan sebanyak mungkin balapan tahun ini, telah memutuskan bahwa musim akan tetap berbasis di Eropa hingga pertengahan November, dengan perlombaan lainnya menyusul jika situasi memungkinkan.

Mengomentari hilangnya Grand Prix Jepang untuk pertama kalinya sejak 1986, Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna) mengatakan: "Keluarga MotoGP bekerja sangat keras untuk dapat memulai kembali balapan dan mengadakan sebanyak mungkin acara, dan dengan cara paling aman.

"Untuk alasan ini, FIM dan Dorna, dalam konsultasi dengan IRTA (asosiasi tim) dan MSMA (asosiasi produsen), telah memutuskan hingga pertengahan November, MotoGP akan tetap di Eropa untuk melakukan sebanyak mungkin acara MotoGP Eropa seperti yang mampu kami lakukan.

"Oleh karena itu acara di benua lain harus dijadwalkan setelah pertengahan November, yang akan terlambat untuk menyelenggarakan Grand Prix Jepang.

"Untuk alasan ini, dengan berkonsultasi dengan Mobilityland, Grand Prix di Jepang tidak dapat diselenggarakan pada tahun 2020. Saya sangat berterima kasih kepada Mobilityland atas dukungan yang diberikan kepada MotoGP.

"Atas nama Dorna, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar atas pengertian dan kesabaran mereka saat kami menunggu situasi membaik. Kami sangat ingin kembali ke Motegi tahun depan."

Jika MotoGP dapat mengikuti balapan di benua lain musim ini, maka bisa terjadi diantara Malaysia, Amerika Serikat, Argentina atau Thailand. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
grand prix jepang,
#
motogp,
#
pandemi corona,
#
sirkuit motegi