MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Rossi Kritik Seramnya Tikungan 10 Di Catalunya

JUN 18, 2019@18:00 WIB | 1,212 Views

Valentino Rossi mempertanyakan mengapa MotoGP masih menggunakan tikungan versi F1 di Turn 10 di Barcelona – sehingga menyebabkan insiden empat arah antara Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Rossi.

Sudut F1 yang lebih kencang di belakang tribun utama digunakan bersamaan dengan penggunaan chicane F1 (Turn 12), setelah kecelakaan fatal Luis Salom pada 2016. Tapi sementara chicane F1 kemudian dibuang demi kembali ke tikungan kedua dari belakang, mengikuti modifikasi untuk meningkatkan run-off, kalau Turn 10 yang lebih lambat malah tetap di tempatnya.



"Saya tidak tahu apa yang terjadi, karena di Barcelona digunakan kembali ke tata letak normal untuk balap motor di dua tikungan terakhir [tanpa chicane] dan mereka membuat banyak pekerjaan untuk daerah run-off. Tetapi mengapa kita masih memiliki sudut [Turn 10] ini? " sesal Rossi.

"Saya mencoba bertarung untuk mendapatkan tikungan 'Circuit of Catalunya' lama yang sangat bagus. Tetapi untuk beberapa alasan kami menggunakan tikungan ini dan itu seperti parkiran mobil supermarket!

"Jadi bagi saya itu bukan tikungan lintasan balap. Dan di tikungan menyeramkan seperti ini, lebih mudah untuk insiden seperti itu [pada hari Minggu] terjadi lagi," tambah Rossi, menggemakan komentar yang dibuat oleh Lorenzo, yang memicu tabrakan hari Minggu ketika dia melewatkan titik pengeremannya.

Meskipun bukan merupakan serupa dalam kecelakaan Salom, versi F1 dari Turn 10 diadopsi oleh MotoGP karena kekhawatiran atas kurangnya run-off di belakang tribun yang lurus.

Walaupun akan sulit untuk memperluas area run-off tersebut, karena kembali ke tikungan terakhir, beberapa telah menyarankan tikungan Turn 10 baru untuk sepeda motor - mirip dengan desain lama, mengalir - harus dibuat sebagai alternatif untuk tikungan lambat versi F1. [bil/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
valentino rossi,
#
catalunya,
#
yamaha,
#
jorge lorenzo,
#
andrea dovizioso,
#
maverick vinales,
#
insiden,
#
auto news