MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Petronas Yamaha Dapatkan Andrea Dovizioso, Franco Morbidelli ke Monster Yamaha ?

AUG 31, 2021@13:00 WIB | 163 Views

Andrea Dovizioso akan kembali ke grid MotoGP bersama Petronas SRT Yamaha di Misano, sementara Franco Morbidelli ke tim pabrik.

Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis, telah mengkonfirmasi rencana Andrea Dovizioso untuk kembali ke grid MotoGP bersama Petronas SRT Yamaha di Misano, sebelum membalap reguler untuk tim satelit Yamaha tersebut pada 2022. "Rencananya adalah Morbidelli dengan tim pabrik dan Dovizioso dengan tim satelit mulai di Misano dan kemudian juga pada 2022," kata Lin Jarvis di situs resmi MotoGP.

Dovizioso akan menggunakan motor ‘A-spec’ milik Morbidelli di sisa musim ini, dan mendapatkan M1 spesifikasi pabrik untuk musim depan. Sebagai runner-up tiga kali bersama Ducati, Dovizioso terpaksa mengambil cuti setahun karena kurangnya penawaran kompetitif untuk 2021, sambil mempertahankan prioritasnya untuk kembali membalap di ajang MotoGP.

Rider Italia berusia 35 tahun itu telah mengambil bagian dalam tugas uji coba untuk Aprilia tahun ini. Namun peluangnya mengendarai RS-GP secara reguler ditutup dengan penandatanganan Maverick Vinales. Test-rider Yamaha Cal Crutchlow adalah pengganti Vinales di Silverstone, tetapi Franco Morbidelli akan beralih dari tim satelit ke tim pabrik untuk membantu tim memenangkan gelar konstruktor. 

Dengan Morbidelli pindah dan Crutchlow sibuk dengan pengembangan M1, Petronas SRT Yamaha membutuhkan rider baru untuk bermitra dengan Valentino Rossi yang akan pensiun dalam waktu dekat. Dovizioso, yang telah memenangkan 15 balapan MotoGP untuk Honda dan Ducati, tidak hanya pindah ke posisi terdepan sebagai rider pengganti, tetapi menjadi reguler pada 2022.

Sementara itu, rincian entitas tim satelit baru Yamaha akan diumumkan di Misano secara resmi. Darryn Binder, yang saat ini membalap untuk SRT di Moto3, diperkirakan akan dipromosikan langsung ke MotoGP dan bermitra dengan Dovizioso musim depan, di sisi lain rider SRT Moto2 Jake Dixon telah menjalani debut MotoGP di Silverstone. [dhe/shf/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
andrea dovizioso,
#
franco morbidelli,
#
yamaha,
#
petronas