MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Penjelasan Alpinestars Soal Kontroversi Jaket Quartararo Terbuka Saat Balapan

JUN 09, 2021@20:00 WIB | 217 Views

Pihak Alpinestars mengatakan bahwa setelah analisis awal, mereka menemukan setelan itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang berfungsi penuh sehingga tidak ada penyebab yang jelas untuk masalah Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya.

Alpinestars tidak dapat menemukan cacat apapun dengan jaket yang dikenakan Fabio Quartararo setelah melakukan pemeriksaan di MotoGP Catalunya.

Ritsleting di bagian depan jaket Quartararo terlepas untuk alasan yang tidak diketahui, melalui area Turn 1-3 pada lap 21. Pembalap Yamaha itu kemudian melepaskan pelindung dadanya dan menyelesaikan balapan dengan dada terbuka.

Meskipun hal itumembuat Quartararo melanggar aturan peralatan keselamatan pembalap, namun secara mengejutkan dia tidak diberi ‘black-flag’ dan diizinkan finish ketiga.

Namun posisinya diturunkan satu tingkat karena penalti memotong jalur di Turn 2, kemudian turun lagi ke tempat keenam setelah penalti 3 detik terkait jaket yang tidak terpasang dengan benar dan melepas pelindung dada.

Tentang ritsleting turun tetap menjadi misteri, dan Quartararo mengatakan: “Saya memiliki jaket yang benar-benar terbuka di tikungan pertama dan saya hanya mencoba memperbaikinya. Saya tidak bisa melakukannya. Ketika (ritsleting) benar-benar turun, Anda perlu meregangkan kedua sisi bersama-sama untuk menarik ritsleting kembali.”

Namun, pada satu letak untuk memperbaiki ritsleting, Alpinestars tidak menemukan masalah pada jaket yang diproduksinya.

“Setelah balapan MotoGP di Circuit de Barcelona-Catalunya, tim pengembangan balap Alpinestars memulai penyelidikan terhadap integritas pakaian balap Fabio Quartararo," Alpinestars membuat pernyataan.

“Setelah analisis awal pasca-balapan di tim pengembangan balap Alpinestars yang terletak di paddock MotoGP menemukan setelan itu berfungsi normal dengan semua ritsleting dan pengencang yang berfungsi penuh.

“Selanjutnya, semua komponen setelan, termasuk Sistem Airbag Tech-Air®, masih utuh dan berfungsi penuh. Ini hanya penilaian pertama, untuk diselidiki lebih lanjut setelah setelan itu berada di laboratorium Alpinestars, melakukan semua pengujian dan analisis untuk memahami lebih lanjut tentang penyebab apa yang terjadi selama balapan.

“Sistem Airbag Tech-Air® tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak ada situasi tabrakan.”  [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
alpinestars,
#
kontroversi jaket quartararo,
#
fabio quartararo,
#
motogp catalunya 2021,
#
motogp 2021