MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Pengembangan MotoGP ‘Dibekukan’ Hingga 2022

APR 11, 2020@13:30 WIB | 129 Views

Ukuran pemotongan biaya pembuka MotoGP sebagai tanggapan terhadap virus corona akan menjadi ‘pembekuan’ pada pengembangan mesin dan aerodinamis hingga tahun 2022.

Langkah tersebut—dengan disepakati oleh Dorna, MSMA (manufacture), IRTA (tim) dan FIM—berarti aspek utama spesifikasi motor pada awal musim ini akan tetap tidak berubah hingga akhir musim 2021.

Itu tidak hanya akan memangkas biaya pengembangan untuk enam pabrikan, yang tidak perlu membangun motor 'baru' untuk tahun depan. Tetapi juga menghasilkan biaya sewa yang lebih rendah untuk tim Independen.

"Kami dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan spek 2020, yang pada dasarnya berarti motor yang kami kirim ke Doha untuk memulai kejuaraan. Spek mesin, serta spek aero, akan dibekukan hingga akhir 2021," presiden IRTA dan pemilik tim Tech3, Herve Poncharal, mengatakan pada awak media.

"Itu keputusan yang sangat bagus. Itu akan mengurangi investasi untuk produsen karena itu berarti sebagian besar R&D untuk tahun depan sudah dilakukan. Itu akan membantu produsen dalam situasi sulit ini tetapi juga tim karena biaya sewa, yang merupakan biaya teknis utama untuk tim, perlu dikurangi karena motor 2021 akan sama."

Meskipun detail lengkap belum dipublikasikan, setelah dicap oleh Komisi Grand Prix, tampaknya musim 2020 dan 2021 akan 'digabungkan' dari sudut pandang mesin dan aero.

Saat ini, empat pabrikan non-konsesi (Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki) harus menggunakan desain mesin yang sama di setiap musim, tetapi kemudian dapat memperkenalkan spek baru pada putaran pembuka tahun berikutnya. Semua pembalap diperbolehkan maksimal dua desain fairing per musim.

KTM dan Aprilia saat ini dibebaskan dari pembekuan mesin di musim dan jadi mungkin memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak hal pada 'empat besar' karena ‘pembekuan jangka panjang’.

"Saya yakin mereka tidak akan menggunakannya. Di atas kertas, aturan konsesi tidak akan berubah, tetapi saya cukup yakin itu akan menjadi kekhawatiran mereka yang paling kecil," tambah Poncharal. "Saat ini, pertanyaannya bukan bagaimana cara mengeluarkan lebih banyak uang, saya pikir untuk setiap produsen targetnya adalah untuk menyelamatkan perusahaan mereka.

"Lebih banyak pengembangan berarti menghabiskan lebih banyak uang. Tidak ada yang mau menghabiskan uang sekarang. Semua orang ingin membekukan semua yang kita bisa dan 'hibernasi' untuk sementara waktu. Gunakan energi sesedikit mungkin untuk menjaga kelangsungan untuk periode berikutnya." [Dhe/Asl/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
virus corona,
#
herve poncharal,
#
irta