MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Musim Penuh Drama, Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

NOV 07, 2022@10:00 WIB | 545 Views

Meski finis di urutan kesembilan di final musim MotoGP 2022 di Valencia, Francesco Bagnaia berhasil mengklaim gelar juara dunia MotoGP perdananya.

Francesco Bagnaia akhirnya berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP musim 2022 di GP Spanyol. Balapan kali ini jadi momen yang menegangkan bagi pembalap Ducati ini setelah menyalip tanpa henti di awal balapan dalam keadaan aero winglet yang terlepas.

Bagnaia berjuang untuk sampai di posisi pertama balapan, namun dapat disalip oleh Brad Binder, Joan Mir, Miguel Oliveira, Luca Marini dan Enea Bastianini, dan akhirnya berada di urutan kesembilan hingga akhir balapan.

Walaupun berada di posisi kesembilan, Bagnaia berhasil mengakhiri puasa gelar Ducati selama 15 tahun sejak gelar juara Casey Stoner di 2007.

Ini menjadi pertama kalinya dalam 50 tahun, pembalap asal Italia yang menggunakan motor pabrikan asal Italia menjuarai MotoGP, sejak Giacomo Agostino yang menunggangi MV Agusta di tahun 1972

Ketika saya melewati garis finis, saya hanya melihat papan pit yang mengatakan bahwa saya adalah juara dunia dan sejak saat itu semuanya menjadi lebih ringan, lebih menyenangkan, dan itu luar biasa,” ujar pebalap berkebangsaan Italia ini

Itu tidak mudah karena dalam pertarungan dengan Fabio saya kehilangan winglet dan sejak saat itu semuanya menjadi mimpi buruk. Lap demi lap saya mencoba mengendarai garis pertahanan tetapi itu sangat, sangat sulit,” tambahnya.

Butuh waktu lama untuk menyelesaikan balapan, tetapi saya sangat bangga dengan tim saya, diri saya sendiri, dan pekerjaan yang kami lakukan yang luar biasa,” kata Bagnaia.

Pencapaian Bagnaia juga menandai comeback terbesar dalam sejarah MotoGP, karena pembalap berusia 25 tahun ini sempat tertinggal 91 poin di pertengahan musim.

Saya merasakan beban ini di pundak saya untuk mengembalikan gelar ini ke semua tim saya, ke pabrikan, ke Ducati, ke Italia,” pungkas Bagnaia.

Sementara itu, di balapan terakhir di Valencia, Alex Rins berhasil meraih kemenangan terakhir untuk tim Suzuki Ecstar yang akan pergi selamanya dari MotoGP mulai musim depan.

Rins sendiri akan pindah ke tim LCR Honda musim depan. Brad Binder mengamankan posisi kedua di balapan terakhir musim 2022 sementara Jorge Martin, yang meski start dari pole position, finis di tempat ketiga. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
francesco bagnaia,
#
ducati,
#
gp valencia