MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: MotoGP Lanjutkan Virtual Race Bulan Mei, Moto2 dan Moto3 Ikut Serta

APR 26, 2020@13:30 WIB | 163 Views

MotoGP telah mengumumkan akan menjalankan Virtual Race pertaman untuk menggantikan Grand Prix Spanyol yang ditunda pada 3 Mei 2020 mendatang, dengan Moto2 dan Moto3 juga ditampilkan pada acara virtual.

Pandemi virus corona telah menghapus paruh pertama dari kalender MotoGP 2020, dengan balapan di Belanda (di Assen) menjadi acara terbaru yang akan ditunda setelah langkah-langkah baru physical distancing di Belanda membuat penyelenggara balapan tidak punya pilihan.

Sebagai pengganti balap dunia nyata, MotoGP telah menjalankan dua balapan virtual #StayAtHomeGP pada video game MotoGP 19, yang menampilkan 10 grid pembalap MotoGP saat ini (di sirkuit Mugello dan 11 pembalap (di sirkuit Red Bull Ring).

Daftar pembalap terkenal termasuk juara dunia saat ini Marc Marquez, juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi dan pembalap rookie yang tampil luar biasa tahun lalu Fabio Quartararo.

MotoGP terus maju dengan rencana balapan virtualnya, tetapi akan mengembangkannya untuk akhir pekan pada 3 Mei 2020 yang semula dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Spanyol di Jerez.

Dalam siaran pers dari promotor MotoGP (Dorna Sports), acara ini untuk "menunjukkan solidaritas dengan dan dalam bantuan amal resmi MotoGP, Two Wheels for Life, mendukung upaya mereka dalam perang melawan COVID-19".

Dengan format baru, aturan baru telah diterapkan. Di kelas MotoGP, ke-11 tim masing-masing dapat menurunkan satu pembalap, dengan pengecualian skuad pabrik Honda, yang dapat menurunkan Marc dan Alex Marquez karena statusnya sebagai juara dunia.

Untuk pertama kalinya, acara ini juga akan menampilkan kelas Moto2 dan Moto3. Untuk kedua kelas, 10 pembalap dapat masuk ke perlombaan, dengan hak masuk diberikan berdasarkan urutan kejuaraan setelah Grand Prix Qatar bulan lalu.

Pembalap Red Bull KTM Ajo Tetsuta Nagashima dan pembalap Aspar KTM Albert Arenas memimpin klasemen Moto2 dan Moto3 berkat kemenangan mereka di Losail.

Daftar entri yang dikonfirmasi untuk ketiga kelas untuk balapan virtual di Jerez belum diumumkan.

Dua balapan virtual MotoGP sebelumnya dimenangkan oleh pembalap Honda Alex Marquez dan pembalap Pramac Ducati Francesco Bagnaia. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
virtual race,
#
motogp,
#
moto2,
#
moto3