MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Makin Kompetitif, Sprint Race Jadi Format Balapan Baru Di Musim 2023

AUG 23, 2022@16:30 WIB | 261 Views

MotoGP 2023 sepertinya akan semakin kompetitif dan penuh tantangan. Pasalnya, di musim depan akan ada format balapan baru yang dinamakan MotoGP Sprint Race. Format balapan terbaru ini disahkan setelah Carmelo Ezpeleta dari Dorna Sports, Jorge Viegas dari FIM, Herve Poncharal dari IRTA menggelar pertemuan untuk meresmikan ini.

Menurut keterangan resmi dari MotoGP, Sprint Race akan diadakan mulai musim depan di setiap pekan sebelum balapan resmi MotoGP.

"MotoGP Sprint Race Class akan hadir di setiap akhir pekan Grand Prix musim 2023! Era baru muncul di Horizon!," ujar pihak MotoGP di akun instagram mereka.

Walau demikian, format balapan terbaru ini mendapat pro-kontra dari para rider MotoGP. Penyelenggara MotoGP diberitakan tidak memberitahukan hal ini terlebih dahulu kepada para pebalap.

Maverick Vinales dan Joan Mir dikabarkan tidak masalah dengan adanya sprint race ini, sedangkan Fabio Quartararo mengatakan bahwa sprint race hanya akan menyusahkan para pebalap MotoGP.

Meskipun bukan merupakan balapan utama, sprint race akan memberikan setengah dari poin di klasemen. Para pembalap bisa menggunakan kesempatan balapan setengah jarak ini untuk mendulang poin di musim 2023.

Pihak penyelenggara MotoGP mengatakan bahwa sprint race ini tidak akan mempengaruhi pole position pada event balapan resmi. Sprint race ini bisa dikatakan adalah pelengkap dari free practice keempat.

Balapan sprint race ini sepertinya terinspirasi dari ajang yang sama di Formula 1. Namun di F1, balapan sprint race hanya berlangsung dalam tiga seri balapan, yaitu di GP Austria, GP Brazil, dan GP Italia. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
sprint race,
#
fabio quartararo,
#
maverick vinales,
#
alex rins,
#
joan mir,
#
gran prix