MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Luncurkan Motor Baru, Ducati Ingin Kembalikan Performa Mesin Terbaik di MotoGP

JAN 28, 2020@17:00 WIB | 120 Views

Prioritas Ducati untuk mesin Desmosedici 2020 adalah sasis. Mereka mencoba mengatasi kesulitan yang ada sebelumnya.

Bukan itu saja, departemen mesin pabrik berbasis Italia tersebut juga telah mempersiapkan respon terhadap tantangan kecepatan tertinggi milik Honda.

Selama bertahun-tahun, Ducati memimpin balapan utama MotoGP dengan kecepatan terbaik di trek lurus meskipun ada risiko di tikungan.

Namun, Honda memberikan tantangan besar sepanjang 201, dan meskipun Ducati mencetak rekor kecepatan tertinggi di Mugello (356,7km/jam, 221,6mph), RCV milik Honda hanya lebih lambat 2 km/jam.

Itu artinya para pebalap Honda sekarang mampu menyaingi Ducati dan tidak perlu lagi bergantung pada gerakan pengereman untuk mengembalikan waktu yang hilang di trek lurus.

"Tahun lalu Honda banyak mengalami peningkatan dari sudut pandang mesin dan kecepatan tertinggi sehingga kami ingin mendapatkan kembali perbedaan yang kami miliki di tahun-tahun sebelumnya," kata Gigi Dall'Igna (manajer umum Ducati Corse).

"Prioritas utamanya adalah sasis. Tetapi orang-orang yang terlibat dalam pengembangan sasis dan pengembangan mesin berbeda, sehingga Anda dapat melakukan keduanya.

"Pasti lebih mudah untuk memenangkan balapan jika Anda memiliki motor tercepat di trek balap."

Sementara Ducati memperkenalkan sasis dan pembaruan mesin pada uji coba pasca-musim bulan November lalu, kekuatan penuh mesin 2020 baru diuji di Sepang.

"Dalam dua uji coba terakhir pada 2019, mesin meningkat dari sudut pandang kemampuan dan semua pebalap yang menguji mesin (baru) yang memberi kami umpan balik yang sama," Dall’Igna menambahkan.

"Kami baru saja menyelesaikan uji coba daya tahan terakhir pada dyno sehingga pada uji coba selanjutnya (di Sepang) kami akan memperkenalkan sesuatu yang berbeda untuk mencapai lebih banyak tenaga kuda, tanpa kehilangan daya kendali."

Dall'Igna menolak untuk membahas tentang berapa tenaga kuda yang dihasilkan mesin baru Ducati, namun ia dengan angka-angka yang terlihat.

“Saya pikir kekuatan mesin adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk memenangkan perlombaan,” ungkapnya. "Penting untuk memiliki kekuatan terbaik.

"Ketika Anda memilikinya, Anda dapat membuat keputusan apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak.

"Prioritas pertama adalah memiliki lap-time. Setelah itu, jika Anda tidak memiliki tenaga kuda maka Anda harus berjuang lebih banyak untuk memenangkan perlombaan. Yang jelas, penting untuk memiliki lebih banyak tenaga kuda daripada pesaing Anda."[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
motor baru,
#
ducati