MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP, Luar Biasa, Pecco Bagnaia Raih Hattrick Kemenangan Di GP Italia

JUN 03, 2024@10:00 WIB | 152 Views

Balapan MotoGP Italia yang berlangsung Minggu (2/6/2024) menegaskan dominasi dari Francesco “Pecco” Bagnaia. Bagaimana tidak, pembalap Ducati Lenovo ini berhasil meraih hattrick atau kemenangan ketiga secara beruntun dalam tiga edisi balapan di Sirkuit Mugello tersebut.

Setelah memenangi Sprint Race sehari sebelumnya, Pecco berhasil melengkapinya dengan meraih kemenangan di balapan utama. Gak cuma itu, rekan setim Pecco, Enea Bastianini juga tampil luar biasa dan berhasil naik podium kedua di depan pemuncak klasmen sementara, Jorge Martin.

Dominasi Pecco di balapan hari Minggu tersebut sudah ia perlihatkan sejak start. Ia berhasil mengungguli Jorge Martin, Enea Bastianini, serta Marc Marquez yang tepat berada di belakangnya.

Di balapan kali ini, ada beberapa insiden yang mewarnai jalannya balapan. Salah satunya adalah yang dialami pembalap Repsol Honda, Joan Mir yang terjatuh di lap ketujuh dan gagal melanjutkan lomba.

Kembali di depan, Pecco terus gaspol mempertahankan keunggulannya. Di sisi lain, ada persaingan seru yang melibatkan Martin, Bastianini, dan Marquez. Semua pembalap di empat posisi teratas ini menggunakan motor Ducati.

Pada lap 18, Marquez berhasil menyalip Bastianini untuk merebut posisi ketiga. Namun empat lap berselang, Marquez harus rela disalip lagi oleh Bastianini dan turun ke posisi keempat. 

Dan aksi luar biasa ditunjukan oleh Bastianini pada lap terakhir lomba. Ia berhasil menyalip Jorge Martin dan mengunci podium satu dan dua bagi tim Ducati Lenovo. Bagnaia sendiri tidak tersentuh hingga finis dan menjadi pemenang GP Italia disusul Bastianini, Martin, dan Marquez.

Posisi kelima diraih oleh pembalap tim GasGas Tech3, Pedro Acosta yang menjadi pembalap non Ducati dengan hasil finis terbaik. Di belakangnya ada Franco Morbidelli dan Fabio Di Giannantonio yang finis nomor enam dan tujuh. Melengkapi posisi sepuluh besar ada Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Brad Binder.

Kemenangan Pecco di Mugello ini semakin mendekatkan dirinya dengan Jorge Martin di puncak klasmen. Dengan raihan 153 poin, Pecco kini hanya tertinggal 18 poin dari Jorge Martin yang mengumpulkan 171 poin. Marc Marquez masih di posisi tiga dengan 136 poin, dan Enea Bastianini di nomor empat dengan 101 poin.

MotoGP akan libur kurang lebih selama tiga pekan setelah balapan di Mugello ini. Balapan selanjutkan akan digelar di Sirkuit Assen dalam gelaran GP Belanda yang berlangsung pada 28 hingga 30 Juni mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
gp italia,
#
mugello,
#
francesco bagnaia,
#
pecco,
#
balap motor,
#
ducati lenovo

X