MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Jorge Lorenzo, Max Biaggi dan Hugh Anderson akan Jadi Bagian MotoGP Legends

JAN 20, 2020@15:25 WIB | 143 Views

Jorge Lorenzo, Max Biaggi dan Hugh Anderson akan dilantik sebagai MotoGP Legends pada tahun 2020 ini.

Setelah pengumuman pengunduran dirinya pada November tahun lalu, terungkap bahwa Lorenzo akan menjadi bagian MotoGP Legends. Tempat upacara pelantikannya sekarang telah ditetapkan sebagai Grand Prix Spanyol (Jerez), trek di mana Lorenzo membuat debut di kelas 125cc pada usia 15 tahun di tahun 2002.

Pebalap asal Spanyol melanjutkan untuk mengambil yang pertama dari 68 kemenangan Grand Prix musim berikutnya, diikuti oleh gelar 250cc beruntun pada tahun 2006 dan 2007. Pertunjukan tersebut membawanya ke tim pabrik Yamaha bersama Valentino Rossi, di mana Lorenzo memenuhi syarat di posisi terdepan untuk tiga balapan pertamanya.

Lorenzo kemudian memenangkan mahkota MotoGP pada tahun 2010, 2012 dan 2015, merayakan 44 kemenangan untuk Yamaha sebelum bergabung dengan Ducati pada tahun 2017, saat ia meraih 3 kemenangan pada tahun 2018 sebelum menyelesaikan kariernya dengan musim yang buruk di tim Repsol Honda.

"Dimasukkan sebagai MotoGP Legends membuat saya sangat bahagia," kata Lorenzo. "Ketika saya mulai berkompetisi di dunia ini, apa yang benar-benar saya cita-citakan dan lakukan adalah masuk ke kejuaraan dunia.

"Untuk dapat memenangkan perlombaan dan kemudian lima kejuaraan dunia adalah sesuatu yang jauh melebihi apa yang saya harapkan, dan menjadi legenda MotoGP adalah sesuatu yang bahkan lebih sulit untuk dicapai.

"Disebut sebagai salah satu legenda berarti Anda telah meninggalkan bekas pada orang-orang dan sejarah olahraga ini. Saya ingin berterima kasih kepada Dorna dan FIM atas dukungan mereka selama ini, dan karena telah memasukkan saya di grup spesial ini."

Ketika dia tumbuh dewasa, Lorenzo adalah penggemar Biaggi dan kemudian berteman dengan mantan pebalap asal Italia tersebut, yang membuat debut Grand Prix di kelas 250cc pada tahun 1991.

Biaggi memenangkan empat gelar berturut-turut di kelas menengah, dengan Aprilia dan akhirnya Honda, sebelum awal kareir 500cc yang eksplosif membuat orang Italia itu meraih kemenangan pada debutnya di kelas utama dan mengambil empat podium berturut-turut, namun musim berakhir dengan runner-up untuk Biaggi.

Seperti Lorenzo, Biaggi menghadapi pertempuran di kelas utama dengan Rossi dan telah mengklaim 13 kemenangan pada saat ia dipaksa keluar dari kelas utama pada akhir tahun 2005. Kursi Biaggi di Repsol Honda kemudian diambil oleh Dani Pedrosa.

Setelah satu musim di absen, Biaggi kembali ke kompetisi dengan debut kemenangannya yang lain. Kali ini dengan Suzuki di kompetisi World Superbike, di mana ia kemudian memenangkan gelar untuk Aprilia pada tahun 2010 dan 2012.

Sedangkan Hugh Anderson akan menjadi yang terakhir dilantik pada tahun 2020. Pria asal Selandia Baru itu membuat penampilan GP pertamanya di kelas 500cc dan 350cc pada tahun 1960.

Bersama tim pabrik Suzuki, Anderson mengklaim empat gelar dunia, mengangkat mahkota kelas 50cc dan 125cc pada tahun 1963, diikuti oleh gelar 50cc lebih lanjut pada tahun 1964 dan gelar juara kelas 125cc pada tahun 1965.

Anderson pensiun pada tahun 1966 setelah meraih 25 kemenangan dan empat gelar hanya dalam waktu enam tahun, termasuk dua kemenangan di Isle of Man.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
jorge lorenzo,
#
max biaggi,
#
hugh anderson,
#
motogp legends