MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Imbas Konflik Rusia-Ukraina, GP Finlandia Dibatalkan

MAY 27, 2022@16:00 WIB | 83 Views

Pihak MotoGP memutuskan untuk membatalkan Grand Prix Finlandia untuk musim 2022 karena konflik Rusia-Ukraina yang masih berlangsung.

Sirkuit KymiRing, yang berada dekat dengan kota Kouvola di Finlandia, akan menjadi tuan rumah MotoGP pertama kalinya di Finlandia sejak 1982. Dalam persiapan untuk balapan rencananya akan berlangsung 10 Juli nanti, sirkuit ini sudah menjalani homologasi tetapi Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) mengumumkan bahwa homologasi ini tidak akan selesai tepat waktu. Hal ini menyebabkan balapan ditunda hingga 2023.

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di kawasan itu, dengan berat hari kami akan membatalkan Grand Prix Finlandia pada 2022," ujar pihak FIM dalam sebuah pernyataan.

Situasi saat ini telah menciptakan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko. Oleh karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade," tambah pihak FIM.

Sampai saat ini, pihak MotoGP belum mempunyai rencana untuk mengganti balapan GP Finlandia ke sirkuit lain di kalender 2022, sehingga kejuaraan MotoGP tetap akan dilanjutkan dengan hanya 20 putaran. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
kymiring circuit,
#
grand prix finlandia,
#
grand prix