MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Gearbox Jadi Sumber Kecelakaan Johann Zarco di MotoGP Portugal?

APR 23, 2021@09:00 WIB | 278 Views

Johann Zarco mengatakan ‘masalah kecil’ pada gearbox motor yang menyebabkannya tersingkir dari MotoGP Portugal akhir pekan lalu. Pembalap asal Perancis itu memimpin di Algarve hari Minggu (18/4/2021), sebelum tertinggal dari Fabio Quartararo (Yamaha) dan Alex Rins (Suzuki).

Zarco naik ke posisi kedua ketika Rins jatuh di lap 19, namun tak lama kemudian dia juga mengalami nasib serupa. Awalnya, dia mengira telah melakukan kesalahan, tetapi analisis setelah balapan mengungkapkan masalah kotak persneling pada penurunan gigi di Turn 11 yang menyebabkan dia jatuh.

“Saya memang kecewa,” kata Zarco, setelah merosot ke posisi empat klasemen pembalap. “Saya pikir saya melakukan sedikit kesalahan saat menurunkan gigi, saya berpikir seperti itu ketika saya jatuh.

“Tapi kami menganalisis, saya punya sedikit masalah dengan gearbox. Jadi itulah mengapa saya tidak mendapatkan persneling yang bagus dan itu sangat penting untuk area pengereman.

“Kenyataannya memang beralasan dan membantu saya untuk lebih memahami mengapa saya mengalami kecelakaan. Hal kedua yaitu ban depannya tidak terlalu bagus. Rasanya tidak sempurna dan itulah mengapa terasa sulit untuk menjaga kecepatan.

“Ketika Pecco (Bagnaia) menyusul, saya agak senang dan berpikir akan mendapatkan udara segar dan bahkan mendapatkan lebih banyak kendali, karena saya melakukan banyak putaran di depan (Joan) Mir sekaligus mencoba mengejar Fabio.”

Ia menjelaskan masalahnya lebih lanjut, "Tidak, saya tidak netral. Bukannya beralih ke gigi kedua, saya malah ke gigi pertama, dan ada masalah pada ban yang membuat segalanya sulit. Itu sebabnya saya langsung jatuh.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
johann zarco,
#
motogp 2021,
#
motogp portugal 2021,
#
fabio quartararo