MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Dovizioso Gagal Finis, Marquez Juara Musim 2017

NOV 13, 2017@10:54 WIB | 250 Views

Riders Repsol Honda, Marc Marquez memastikan gelar juara dunia motoGP musim 2017 setelah finis di posisi ketiga pada GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia Minggu (12/11/2017). Adapun saingan terdekat Marquez, Andrea Dovizioso (Ducati), terpeleset pada lap ke-24 dan tak bisa melanjutkan balapan, alias gagal finis. Sementara itu, balapan GP Valencia dimenangi oleh Dani Pedrosa.

Jalannya balapan, Marquez langsung melesat ke depan, diikuti rekan setim Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Johann Zarco, Jorge Lorenzo dan Dovizioso pada posisi keenam. Tiga lap berikutnya, Marquez disalip Zarco. Kendati demikian, pembalap Repsol Honda itu sempat menoleh ke belakang melihat sang rookie Yamaha Tech 3.

Di sinilah drama, atau mungkin Sepang episode kedua dimulai. Lorenzo mendapat pesan ‘Mapping 8’ pada dashboard motornya pada Lap 13. Bahkan, pesan itu kembali diterimanya – sebanyak empat kali – jelang lap-lap akhir. Namun, Lorenzo tak mengindahkan pesan dashboard dari Ducati. Ia tetap saja mempertahankan posisinya yang berada di depan Dovizioso.

Drama kemudian terjadi lagi pada tujuh lap terakhir. Marquez berhasil menyalip Zarco, tapi The Baby Alien melebar di tikungan 1 dan turun pada posisi kelima. Dovizioso naik ke posisi keempat. Sayangnya, pada Lap 25, Dovizioso terjatuh. Mengikuti jejak rekan setim Lorenzo yang kecelakaan beberapa saat sebelumnya.

Pembalap Ducati itu sempat turun pada posisi ke-19, tapi lalu memutuskan masuk ke pit dan tak finis. Marquez pun didapuk sebagai juara dunia MotoGP 2017, walaupun ia finis ketiga. Ini merupakan gelar juara keenam sepanjang karier Marquez di kejuaraan dunia Grand Prix, dan yang keempat sejak debut di kelas premier MotoGP pada 2013. Selain itu, ia juga menutup musim dengan keberhasilan sebagai pembalap yang paling banyak mencetak pole position sebanyak delapan kali.

Balapan sendiri dimenangi Dani Pedrosa yang mengalahkan Zarco dalam duel sengit menjelang lap terakhir. Marquez melengkapi raihan kesuksesan Repsol Honda dengan mengamankan podium ketiga.[ddy/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
blackauto,
#
autonews