MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Dorna Akhirnya Ijinkan Suzuki Hengkang Dari MotoGP

JUL 14, 2022@15:30 WIB | 284 Views

Dorna secara resmi akhirnya mengijinkan Suzuki untuk meninggalkan seri MotoGP setelah musim 2022. Suzuki sebelumnya secara mengejutkan mengumumkan akan menarik diri dari MotoGP pada akhir musim 2022, tujuh tahun setelah kembali ke panggung tertinggi balapan roda dua dunia.

Tetapi rencana penarikan diri Suzuki menemui hambatan ketika Dorna mengumumkan keputusan itu tidak dapat dibuat secara sepihak, memicu negosiasi bagi Suzuki untuk memutuskan kontrak MotoGP. Kesepakatan saat ini ditetapkan untuk menjaga Suzuki tetap di MotoGP hingga akhir 2026.

Selain keluar dari MotoGP, Suzuki juga telah menghentikan keterlibatannya di ajang Endurance World Championship (EWC) pada akhir musim ini.

“Suzuki telah memutuskan untuk mengakhiri partisipasi MotoGP dan EWC dalam menghadapi kebutuhan untuk mengalokasikan kembali sumber daya pada inisiatif lain untuk keberlanjutan,” ujar Toshihiro Suzuki, presiden Suzuki, dalam sebuah pernyataan.

“Keputusan ini berarti bahwa kami akan mengambil tantangan untuk membangun operasi bisnis sepeda motor baru dengan mengarahkan kembali kemampuan teknologi dan sumber daya manusia yang telah kami kembangkan melalui kegiatan balap sepeda motor untuk menyelidiki rute lain untuk masyarakat yang berkelanjutan,” lanjut Suzuki.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penggemar, pengendara, dan semua pemangku kepentingan yang bergabung dengan kami dan dengan antusias mendukung kami dari tahap pengembangan sejak kami kembali ke balap MotoGP,” tambah bos pabrikan asal Jepang ini.

“Saya akan terus melakukan yang terbaik untuk mendukung Alex Rins, Joan Mir, Team Suzuki Ecstar dan Yoshimura SERT Motul untuk bersaing secara kompetitif hingga akhir musim. Terima kasih atas dukungan Anda,” tutup Toshihiro Suzuki.

Pabrikan asal Jepang ini sempat memenangkan gelar dunia pertamanya dalam 20 tahun berkat Joan Mir pada 2020, setelah membangun kembali tim sejak kembali ke MotoGP pada 2015, meraih kemenangan pertama saat comeback pada 2016 di Silverstone bersama Maverick Vinales.

Keputusan ini mau tidak mau akan membuat Joan Mir dan Alex Rins absen di gelaran MotoGP 2023. Walau demikian, dirumorkan Mir akan bergabung dengan Marc Marquez di skuad pabrikan Honda sementara Rins akan beergabung ke tim LCR Honda. [fdlh/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motogp,
#
suzuki,
#
joan mir,
#
alex rins,
#
dorna