MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Corona Melanda, MotoGP Gelar Balapan Virtual

APR 02, 2020@11:21 WIB | 211 Views

Mewabahnya virus corona yang menginfeksi hampir di semua Negara, mengakibatkan industri otomotif lumpuh. Tak hanya industrinya saja yang lumpuh, bahkan perhelatan balapan internasional seperti MotoGP akhirnya ditunda sementara akibat virus ini.

Mungkin agar tidak lupa dengan teman sesama pembalap dan teknik membalap, MotoGP memiliki cara sendiri untuk tetap mengadakan balapan, yaitu dengan menyelenggarakan MotoGP Virtual Race dengan tagline #stayAtHomeGP.  Didukung oleh Dorna Sport sebagai promotor balapan MotoGP, balapan virtual ini menggunakan konsol Playstation 4. Awalnya, balapan virtual ini turut diikuti oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino  Rossi. Namun mendekati balapan online ini, tim Monster Energy Yamaha hanya didukung oleh Maverick Vinales.

Balapan yang terdiri dari 6 lap ini terdiri dari pembalap Repsol Honda Team; Alex Marquez dan Marc Marquez, Monster Energy Yamaha; Maverick Vinales, Aprilia Racing Team Gresini; Aleix Espargaro, Team Suzuki Ecstar; Alex Rins dan Joan Mir, Petronas Yamaha SRT; Fabio Quartararo, Red Bull KTM Tech 3; Iker Lecuona dan Miguel Oliveira, serta  Pramac Racing; Francesco Bagnaia. Berlangsung di sirkuit Mugello, Italia, sebelum balapan yang berlangsung enam lap tersebut diisi dengan kualifikasi selama lima menit. Tak hanya itu, balapan ini juga ditemani oleh komentator seperti balapan aslinya.

“Saat ini semua sedang berada di situasi sulit. Jadi bagaimana caranya kita tidak down dan mampu bersenang-senang, ditambah bagaimana membuat cara untuk menghibur pecinta MotoGP,” kata Marc Marquez.

Memang tak seperti balapan aslinya yang menyita cukup perhatian dan konsentrasi. Di balapan virtual ini, justru diisi dengan candaan antar pembalap dan juga cara unik mengendarai motor secara virtual. Beberapa kali masing-masing pembalap saling bertabrakan dan crash. Di akhir balapan, Alex Marquez berhasil menjadi pemenang dengan selisih waktu cukup jauh, yaitu tujuh detik dengan pembalap kedua Bagnaia dan ketiga dipegang oleh Vinales.

Lantaran balapan virtual ini sangat menarik bagi banyak pihak, Dorna Sport mengatakan akan melaksanakan balapan  virtual kedua pada 12 April 2020 mendatang, dengan penambahan tim pembalap baru.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Daftar Pemenang MotoGP Virtual Race

1

Alex Marquez

Repsol Honda Team

2

Francesco Bagnaia

Pramac Racing

3

Maverick Vinales

Monster Energy Yamaha

4

Fabio Quartararo

Petronas Yamaha SRT

5

Marc Marquez

Repsol Honda Team

6

Alex Rins

Team Suzuki Ecstar

7

Joan Mir

Team Suzuki Ecstar

8

Miguel Oliveira

Red Bull KTM Tech 3

9

Iker Lecuoana

Red Bull KTM Tech 3

10

Aleix Espargaro

Aprilia Racing Team Gresini

Tags :

#
autosport,
#
motogp,
#
motogp virtual race,
#
#stayathomegp,
#
balapan virtual