MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Balapan Seru GP Qatar Dimenangi Pecco Bagnaia

MAR 11, 2024@10:00 WIB | 167 Views

Setelah Sprint Race yang cukup seru sehari sebelumnya, balapan utama MotoGP Qatar yang berlangsung Minggu (10/3/2024) juga menghadirkan balapan yang cukup seru dan menatrik. Dalam balapan yang lebih panjang selama 21 lap tersebut, dua kali juara dunia Francesco "Pecco" Bagnaia keluar sebagai pemenang.

Pembalap tim Ducati Lenovo ini berhasil merebut kemenangan setelah merebut posisi terdepan dari peraih pole sitter, Jorge Martin yang akhirnya finis nomor tiga. Brad Binder tampil ok dengan merebut podium kedua setelah melalui duel ketat melawan Jorge Martin, Marc Marquez dan Enea Bastianini.

Balapan MotoGP Qatar sendiri sejatinya berlangsung selama 22 lap. Namun sebelum start dimulai, Raul Fernandez mengalami masalah pada motornya saat sudah berada di grid untuk start. Karena hal tersebut membuat start balapan sempat tertunda beberapa menit. Selain itu jumlah lap dikurangi satu menjadi 21 lap saja.

Raul Fernandez pada akhirnya bisa mengikuti lomba meski harus start dari pit lane. Saat balapan dimulai, Jorge Martin sejatinya masih memimpin di beberapa tikungan awal. Namun penampilan menggila ditunjukan Pecco Bagnaia dengan mengambil alih pimpinan lomba saat lap pertama usai.

Bahkan pada lap kedua, Jorge Martin harus rela turun lagi ke posisi ketiga setela disalip Brad Binder. Binder sendiri sejatinya mencoba untuk mengejar Pecco yang sudah unggul begitu jauh didepan. Namun Jorge Martin sempat beberapa kali menyalip Brad Binder dan menghadirkan duel yang cukup seru.

Penampilan luar biasa juga ditunjukan oleh pembalap debutan Pedro Acosta. Pembalap tim GasGas Tech3 ini beberapa kali terlibat duel seru dengan Marc Marquez dan Enea Bastianini untuk memperebutkan posisi keempat. Meski begitu pada akhirnya Acosta harus puas finis nomor sembilan.

Kembali ke depan, Bagnaia yang seolah sudah unggul jauh ternyata mendapat ancaman yang cukup serius dari Martin dan Binder. Hingga pada akhirnya pada lap kesebelas, Bagnaia mulai menjauh dari Binder dan Martin dan mempertahankan keunggulannya hingga finis.

Pecco Bagnaia akhirnya keluar sebagai pemenang balapan utama MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail tersebut. Brad Binder memenangi duel melawan Jorge Martin untuk merebut podium kedua. Marc Marquez berhasil finis nomor empat dibalapan pertamanya bersama tim Gresini dan mengendarai motor Ducati.

Posisi kelima diraih oleh Enea Bastianini yang finis didepan Alex Marquez yang finis nomor enam. Pemenang balapan GP Qatar tahun lalu, Fabio di Gianntonio finis nomor tujuh bersama tim barunya, VR46. Aleix Espargaro, Pedro Acosta, dan Fabio Quartararo melengkapi posisi delapan, sembilan, dan sepuluh pada balapan kali ini.

Setelah dua balapan seru di Qatar ini, Pecco Bagnaia menjadi pemuncak klasmen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 31 poin. Ia hanya unggul dua poin atas Brad Binder yang mengumpulkan 29 poin serta tiga poin atas Jorge Martin yang mengumpulkan 28 poin.

Marc Marquez berada diposisi keempat klasmen sementara dengan raihan 15 poin dari raihan dua kali finish nomor empat di Qatar. Posisi kelima dan keenam klasmen diisi oleh Enea Bastanini dan Aleix Espargaro yang sama-sama mengumpulkan 15 poin.

Balapan MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Algarva, Portimo dalam gelaran GP Portugal. Balapan GP Portugal sendiri akan berlangsung pada 22 hingga 24 Maret mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
gp qatar,
#
pecco bagnaia,
#
ducati lenovo,
#
lusail,
#
balap motor

X