MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Argentina Gantikan Austin sebagai Putaran Pembuka MotoGP Musim 2020

MAR 13, 2020@13:00 WIB | 195 Views

Kalender MotoGP 2020 telah mengalami revisi lebih lanjut yang dipicu oleh ancaman virus corona, Austin menyerahkan status pembuka musim ke Argentina.

Kalender yang sudah ditetapkan dan dipublikasikan awalnya berlangsung pada tanggal 5 Maret 2020, dengan Grand Prix Austin (Amerika Serikat) menjadi balapan MotoGP pertama setelah pembatasan perjalanan terkait virus corona yang memaksa pembatalan putaran MotoGP di Qatar, sementara balapan di Thailand akan dilangsungkan pada bulan Oktober.

Setelah itu, prospek memulai musim MotoGP pada tanggal 5 April 2020 di Sirkuit Amerika juga menjadi semakin tidak layak, menyusul pengumuman "keadaan darurat" di Austin dan segala hal berkaitan dengan karantina di Italia, di mana banyak basis paddock MotoGP di negara tersebut.

Pada hari Rabu (11/3/2020), promotor MotoGP Dorna mengonfirmasi bahwa pekan balapan COTA akan ditunda hingga akhir tahun ini "karena wabah virus corona yang sedang berlangsung".

Sementara kompetisi Moto2 dan Moto3 sudah berlangsung di Qatar akhir pekan lalu, MotoGP sekarang akan menunggu hingga 19 April 2020 untuk balapan pertama yang dilangsungkan di Argentina (Termas de Rio Hondo).

Balapan di COTA sekarang dijadwalkan untuk 15 November 2020, tanggal yang sebelumnya milik putaran terakhir du Valencia (yang sekarang direvisi menjadi 22 November 2020).

Uji coba pasca-balapan di Valencia sudah dibatalkan untuk tahun 2020, tetapi perubahan jadwal terakhir membuat keraguan besar atas uji coba di Jerez, yang sebelumnya dijadwalkan untuk 19-20 November 2020.

Presiden FIM Jorge Viegas mengatakan awal pekan ini bahwa MotoGP tidak mengesampingkan prospek untuk melakukan dua balapan dalam sepekan jika ada lagi jadwal yang dibatalkan, dalam upaya untuk meningkatkan jumlah balapan sesuai dengan kalender 2020.

MotoGP secara kontrak diwajibkan untuk menjalankan setidaknya 13 putaran per musim, dan CEO Dorna (Carmelo Ezpeleta) mengatakan bahwa MotoGP juga bisa melakukan balapan di balik pintu tertutup.

Selain itu, balapan juga bisa diadakan di sirkuit Portugal Portimao dan Estoril, yang membentuk daftar cadangan MotoGP jika ada tempat yang tiba-tiba tidak tersedia untuk menyelenggarakan balapan.

Portugal saat ini tidak menghadapi pembatasan perjalanan karena wabah virus corona.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
carmelo ezpeleta,
#
motogp argentina,
#
motogp austin,
#
jorge viegas