MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Akankan Gelar Juara Dunia Ditentukan di Sepang?

OCT 27, 2017@21:30 WIB | 156 Views

Balapan di Phillip Island pekan lalu merupakan momen kunci dari pertarungan titel MotoGP 2017. Akankah gelar juara ditentukan di Sepang? Marc Marquez berhasil meraih kemenangan keenamnya musim ini. Sementara rivalnya, Andrea Dovizioso, tidak mampu berbuat banyak di Australia setelah hanya mampu finis ke-13.

Hasil ini menempatkan Marquez memimpin klasemen dengan 269 poin, memperpanjang keunggulan menjadi 33 poin atas Dovizioso. Balapan masih tersisa dua seri lagi yaitu di Sepang dan Valencia.

Hanya menyisahkan 50 poin yang diperebutkan, Secara Matematis Marquez hanya membutuhkan 18 poin untuk memastikan gelar juara musim ini. Artinya, ia hanya perlu finis kedua di Sepang untuk merebutkan gelar juara keenam, atau keempat di kelas premier.

Melihat hasil yang ditorehkan Marquez setelah libur musim panas, tentu saja, hal ini kemungkinan besar dapat terjadi. Pada paruh kedua musim 2017, Marquez meraih empat kemenangan, dua posisi runner-up dan satu kali gagal finis, ketika Honda RC213V mengalami masalah kegagalan mesin di Silverstone.

Melihat fakta-fakta yang tersaji di atas, sepertinya sang juara bertahan akan memastikan gelarnya di Sepang. Sementara bagi Dovizioso, ini tampak seperti misi mustahil. Pasalnya ia harus memenangi kedua balapan tersisa, dan berharap Marquez tidak meraih lebih dari 17 poin dalam periode yang sama.

Salah satu kondisi yang membuat pertarungan gelar dapat berlanjut di Valencia, yaitu Dovizioso memenangi MotoGP Malaysia, sementara Marquez finis di posisi tiga atau lebih buruk.

Kejadian akan semakin menarik jika pembalap Repsol Honda itu gagal finis atau terjatuh di Sepang, sementara Dovizioso keluar sebagai pemenang. Dengan begini, Valencia akan menjadi puncak dari pertarungan gelar Marquez, memegang keunggulan setidaknya delapan poin atas Dovizioso. Nah, akankah sirkuit Sepang menjadi saksi keperkasaan Marquez pada musim ini? Kita lihat saja akhir pekan nanto!! [ddy/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
blackauto,
#
autonews