MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Yamaha XSR900, Type 11 Cafe Racer Retro Futurist

MAY 17, 2018@14:00 WIB | 789 Views

Yang Anda lihat ini, merupakan gaya modifikasi retro yang dipadukan dengan gaya futuristik, dari Yamaha  XSR900. Yamaha mempercayakan modifikasinya kepada builder Auto Fabrica dari Inggris, dan memberikan sentuhan modifikasi yang cukup berbeda dan memberikan namanya "type 11".

Dengan membangun kembali bodywork yang berkiblat pada gaya tahun 50-60 an.  Auto Fabrica membentuk logam metal dengan cara handmade menjadi bentuk fairing depan seperti peluru. Nah untuk bagian buritan mengadopsi gaya silet yang runcing dan tajam.

Pada bagian kaki-kaki, khususnya velg telah diganti dengan menggunakan RST yang berbahan karbon. Dengan menggunakan mesin berkapasita 847 cc, 3 silinder, berpendingin cair, DOHC Inline, 12 valve. Auto Fabrica memisahkan pipa exhaust handmade dari ruang pembakaran dengan 3 bagian, 2 pipa di bagian kanan dan 1 pipa di bagian kiri. Dari tangki bahan bakarnya cukup unik, dengan panel flip-up yang tersembunyi. 

Bagian unit dashboard berupa tachometer dipindahkan di punggung tangki sebagai unit motologic. Spatbor depan dibuat lebih tipis, dipadukan dengan lampu depan bundar. Body fairing yang seperti rudal mengedepankan desain fairing yang segar dan menarik perhatian, menyisakan ruang stang dengan lubang bulatnya.

Tim Auto Fabrica telah membangun 3 unit prototipe. Prototipe pertamanya dibangun di basik mesin XS750 mengadopsi gaya 70-an. Sedangkan prototipe ketiganya dibangun diatas platform XSR900, tanpa dilengkapi road gear, karena fungsinya untuk track bike.Versi prototype 2 baru dilengkapi versi standar jalan. 

Auto Fabrica akan memproduksinya dalam jumlah terbatas, dan diharapkan akan dikirim pada paruh kedua tahun ini. Berbekal mesin 3 silinder yang juga digunakan untuk MT-09 (FZ-09) dengan gaya pabrikan yang compact, good lock dan tenaga yang berlimpah untuk riding jarak jauh. 

Nah rencananya, Yamaha dan Auto Fabrica akan meluncurkan tipe 11 ini pada pekan ini di Iris Studio di London. Apakah Anda berminat dengan gaya retro nan futuristik ini Black Pals? [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
modifikasi,
#
yamaha xsr900,
#
auto fabrica,
#
yamaha