MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Mentereng Kawasaki W650 ala Rick Hannah, Cocok di Gurun Pasir

SEP 28, 2020@17:00 WIB | 284 Views

Rick Hannah yang berbasis di London, yang membangun Dirty Dick's Motos, memodifikasi Kawasaki W650 yang cocok untuk meluncur di gurun.

Rick adalah contoh sempurna dari seorang builder otodidak. Dia dulu tinggal di Johannesburg, Afrika Selatan, dan bergaul dengan Marnitz Venter yang memiliki model bobber Triumph bergaya vintage. Tapi Rick pindah kembali ke London pada 2016, kecewa setelah BMW 635CSi yang dipulihkannya dicuri.

“Saya selalu merestorasi dan memodifikasi mobil dan motor, tetapi memutuskan untuk mengambil risiko dan mulai memikirkan bayak hal ketika saya sampai di London,” katanya.

“Saya memiliki dua motor yang dibangun oleh bengkel Joburg (sekarang sudah tidak beroperasi), dan tidak pernah puas dengan kualitasnya. Jadi saya memutuskan untuk mendapatkan beberapa keterampilan dan melakukannya sendiri.”

Rick menjadi seorang pembelajar yang cepat, karena penyelesaian motor W650 ini menjadi bukti. “Saya selalu berpikir tentang mekanis, tetapi membutuhkan beberapa keterampilan fabrikasi,” tambahnya. “Jadi saya mempelajari English Wheel dari seorang ahli bodywork Ex-Aston Martin di Cornwall, dan mendaftar di Richmond College untuk belajar mengelas. Saya masih harus banyak belajar!”

Ini adalah situasi yang menarik untuk pekerjaan harian Rick, dimana dia bekerja dari jarak jauh untuk perusahaan rintisan teknologi California, dan hingga saat ini, berkeliling dunia.

“Ini sangat berbeda dengan membuat sepeda motor, tetapi juga membutuhkan perhatian yang cermat terhadap detail dan manajemen proyek yang berkualitas,” ungkapnya.

Rick mengambil bagian Kawasaki W650 dan memutuskan untuk merestorasi motor tersebut untuk bisa kembali difungsikan. “Saya ingin tetap setia pada ide dan keaslian W650. Langkah pertama adalah mengatasi masalah pada motor,” katanya.

Tujuannya adalah untuk membangun desert sled yang andal dan cepat, nyaman, dan memiliki kinerja modern.

"Saya ingin mempertahankan gaya tahun 60-an dan memiliki hasil akhir seperti yang diharapkan," kata Rick. “Saya butuh waktu satu tahun dan semuanya dilakukan dengan lambat dan cermat.”

Dua hal utama yang perlu disortir pada W650 versi pabrik adalah rem dan suspensi. Jadi, Rick telah mengembangkan Big Brake Kit untuk W650 dan juga W800, dengan offset custom, cakram mengambang 300mm. Rick bahkan telah mengerjakan bagian fins pada kaliper agar sesuai dengan master silinder.

Kaliper adalah bagian billet 6-piston custom-built dari Harrison, dan silinder masternya adalah unit K-Tech 14mm. “Perubahan rasa dan performa pengereman sangat fenomenal. Saya biasanya menggunakan master radial Nissin 17 mm pada kit yang saya jual tetapi K-Tech lebih cocok untuk motor ini,” dia menjelaskan.

Modifikasi W650 biasanya memperbaiki suspensi depan dengan pegas progresif dan perubahan bobot oli, tetapi Rick ingin melangkah lebih jauh.

"Saya tidak ingin begitu saja mencangkok front end GSX-R dan berhenti," katanya. “Jadi saya mengubah dan memoles garpu lebih rendah dan memasang kit kartrid Andreani, yang dapat disesuaikan untuk pantulan dan kompresi, dan melompat dengan benar sesuai berat sepeda dan pengendara.”

Garpu telah dilepas 25mm dengan set tiga bagian atas dan bawah mesin dari Fastec, dengan penghitung kecepatan Motogadget diintegrasikan ke dalam top yoke. Suspensi belakang adalah pekerjaan yang jauh lebih sederhana dimana Hagon membuat shock khusus yang lebih panjang 25mm dari standar.

Mootrnya harus terasa 'kokoh', jadi Rick memasang setang Western 25mm yang dipotongnya dua inci.  Untuk menjaga tampilan ramping, semua kabelnya internal, dengan sakelar mikro untuk membuat semuanya rapi. Untuk lampu depan, Rick memilih unit Motodemic berbentuk telur yang melengkapi garis tangki dan spatbor.

Selanjutnya adalah tangki. Tutup bahan bakar dipotong dan ditambal serta diganti dengan tutup aero yang pas agar saluran tetap bersih.

Swingarm adalah mesin billet, dengan pola segitiga yang menggemakan bentuk yang diciptakan oleh shock, swingarm, dan rangka.

Hub roda dipoles dan dilapisi kembali dengan velg aluminium Morad; 19 × 3,00 untuk depan dan 18 × 4,25 untuk belakang. Bannya Continental TKC80, satu ukuran lebih besar dari standar, dengan 110 / 80R19 di depan dan 140 / 80R18 untuk belakang.

Rick juga membersihkan dan memoles mesin, dan mencangkokkan carb Keihin CR Special. Kemudian, dia menggunakan bahan stainless untuk knalpot karena berubah menjadi emas dengan panas dari mesin.

Dia meminta bantuan untuk cat dan kelistrikan dari P & D Customs sekaligus membuat knalpot dan memotong tangki. Sebagai pemanis, kit pemasangan fender lampu belakang 'Eldorado' yang sangat rapi dari Motone, yang juga memasok sinyal belok billet, menjadi bagian akhir dari modifikasi Kawasaki W650 ini. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
modifikasi kawasaki w650,
#
rick hannah,
#
kawasaki w650