MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda CB750 Untuk Pecinta Lokomotif

DEC 16, 2020@12:00 WIB | 325 Views

Baru-baru ini, Fredrik Pal Persson, pemilik PAAL Motorcycles, mendapatkan klien dengan laporan singkat paling tidak biasa. Builder yang beralih profesi dari koki tersebut mendapat permintaan membuat café racer Honda dengan sentuhan lokomotif vintage.

Beruntung, ada tempat bagus di Malmo yang mengkhususkan diri pada mesin Honda antik. Maka terciptalah PAAL XXX, motor yang mengambil sasis CB750 1983 bermesin DOHC dan dijual sebagai Nighthawk di Amerika Serikat.

“(Kendaraan) ini dimulai dengan permintaan yang sangat spesifik dari seorang pria Norwegia di akhir tahun 2016,” mulai Fredrik. “Dia ingin kami membuatnya menjadi café racer klasik bergaya vintage yang menampilkan warisan balap Inggris dari Norton, BSA, dan Triumph.”

“Tapi itu harus didasarkan pada Honda CB750 1980-an, diperbarui dengan suku cadang performa modern, untuk keandalan dan pengalaman berkendara,” tambahnya.

Menerima permintaan tersebut, Fredrik mulai berburu motor donor dan menemukan CB750 yang telah duduk di udara terbuka di sebuah pertanian Norwegia selama kurang lebih 20 tahun. “Kondisi motor sangat buruk, tapi itu tidak jadi masalah karena saya tahu kami tidak akan menggunakannya terlalu banyak.”

Setelah pekerjaan desain selesai, kru PAAL memutuskan untuk membuang hampir semua kecuali rangka, termasuk nomor rangka yang sangat penting untuk keperluan registrasi. Donor kedua adalah CB750 1979 dalam kondisi lebih baik dengan mesin DOHC yang dikeluarkan dan dibangun kembali secara utuh.

Itu diakhiri dengan satu set karburator flatside smoothbore Mikuni RS34 yang menawarkan peningkatan tenaga instan dan pengoperasian yang lebih mulus. Di sisi knalpot, PAAL memasang tajuk baru yang diakhiri dengan sepasang muffler buatan tangan bergaya vintage.

Penanganannya juga mendapat peningkatan besar dengan PAAL memasang garpu Ohlins FGRT 205. Itu awalnya khusus untuk Suzuki GSX-R1000, sehingga membuatkanya dianodisasi agar sesuai dengan bagian motor lainnya. Bannya datang dari Cognito Moto yang dipadukan dengan ban Shinko 270 Super Classic. Ini memadukan karet modern dan konstruksi pola tapak tipe gigi gergaji tradisional.

Di atas bingkai cat emas yang telah diperbarui, ada tangki aluminium bergaya Manx baru, dibuat oleh spesialis fabrikasi Richard Phelps dari Inggris. Unit kursi dilengkapi bantalan kulit bergaya tahun 60-an tradisional dari spesialis Kopenhagen Johnny Sadelmager, dan penutup ekor aluminium tampil serasi.

“Tangki dan jok membuat lokomotif terasa panjang dan pedesaan,” kata Fredrik. Tangki adalah bentuk balap Inggris klasik dan dicat dengan garis hitam-emas yang merupakan kombinasi umum lokomotif.

Menambahkan getaran vintage, PAAL menghadirkan speedometer tiga inci English Smiths, yang menggemakan tampilan alat pengukur tekanan lama di kereta uap.

“Saya harus mengakui bahwa tidak mudah untuk mengakomodasi semua elemen desain yang diminta, dan membuatnya bekerja sama, dan juga membuatnya terlihat seperti sepeda PAAL, untuk tetap setia pada merek yang kami bangun,” cerita Fredrik.

Tapi PAAL berhasil membangun CB750 lengkap dengan gaya klasik khas, dilengkapi sentuhan akhir yang indah berpadu nuansa lokomotif pedesaan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
modifikasi honda cb750,
#
fredrik pal persson,
#
paal motorcycles,
#
cafe racer,
#
honda cb750