MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Harley-Davidson Sportster XR1200 Dari Taiwan

FEB 11, 2021@14:00 WIB | 467 Views

Inilah proyek dari perusahaan ambisius berbasis di Taiwan bernama Cowboy’s Chopper yang pernah menggarap Kawasaki Z1000 berdasarkan Ducati Hypermotard 1100 2009. Bengkel ternama ini memilih mengerjakan Sportster XR1200 yang menakutkan dari jajaran Harley-Davidson yang telah disesuaikan oleh spesialis Taiwan selama empat bulan.

Kendati mungkin ini bukan Sportster pesanan pertama, pasti bias jadi salah satu yang paling seksi yang pernah terlihat. Di mana dalam bentuk stok, monster Milwaukee ini didukung raksasa V-twin berpendingin ganda dengan dua katup per silinder dan kapasitas besar tidak kurang dari 1.202cc. Pada 7.000 putaran, ia mampu menghasilkan tenaga hingga 90 hp, disertai torsi brutal 74 pon-kaki (100 Nm) di sekitar 3.700 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke penggerak akhir sabuk melalui transmisi lima kecepatan, memungkinkan Sportster untuk berakselerasi dari nol hingga 60 mph (96 kpj) hanya dalam empat detik.

Modul powertrain disarangkan di dalam rangka tubular baja ringan, yang bertumpu pada garpu terbalik Showa 43-mm (1,7 inci) di bagian depan. Di sisi lain, tugas suspensi dirawat dengan baik oleh peredam kejut coilover ganda dan swingarm dua sisi. Daya henti disuplai oleh cakram kembar 292 mm (11,5 inci) dan kaliper empat piston Nissin di depan, digabungkan dengan rotor rem tunggal 260 mm (10,24 inci) dan kaliper satu piston di belakang.

Ahli bedah moto Taiwan memulai transformasi dengan membuat pilihan item perawatan tubuh khusus di rumah. Di bagian depan, dapat ditemukan fairing yang mengancam di kaki garpu, bergabung dengan bagian ekor alloy di bagian belakang dan tangki bahan bakar ramping di antaranya.

Segera setelah pekerjaan pada panel bodi yang dipesan lebih dahulu selesai, kru CC melanjutkan untuk menghormati V-twin Sportster dengan perombakan menyeluruh, meningkatkan kapasitasnya menjadi 1.250cc. Selain itu, mereka memasang saluran masuk baja tahan karat yang menampung filter udara khusus, bersama dengan sistem pembuangan satu kali di ujung lain dari siklus pembakaran.

Garpu di bagian depan pun dimodifikasi untuk mengurangi ground clearance sebanyak empat inci (102 mm), yang menghasilkan garis tulang yang rata. Adapun setang stok dibuang untuk memberi ruang bagi sepasang alternatif clip-on, dilengkapi dengan pasak kaki yang dipasang di belakang aftermarket untuk ukuran yang baik. Satu set kaca spion menghiasi clip-on baru, sementara kluster pengukur sepeda telah dipindahkan ke sisi kiri tangki bensin.

Ditambah lagi para perajin berbakat mengganti komponen pencahayaan asli dengan bermacam-macam komponen LED kelas atas di kedua ujungnya. Sentuhan akhir hadir dalam bentuk lapisan hitam gloss yang tidak menyenangkan yang diterapkan pada hampir semua hal mulai dari bodywork dan penutup mesin hingga garpu dan roda. [asl/timBX]

Tags :

#
modifikasi harley-davidson sportster xr1200,
#
modifikasi harley-davidson,
#
harley-davidson sportster xr1200,
#
harley-davidson,
#
sportster xr1200