MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi: Canggihnya Jaguar E-type Yang Klasik

SEP 09, 2017@14:00 WIB | 409 Views

Jaguar Land Rover Classic kembali menghidupkan sang legenda mereka Jaguar E-type. Namun bukannya sekedar merestorasi, mereka memasang mesin listrik sebagai jantung tenaganya. Dan semua ini terungkap di Jaguar Land Rover Tech Fest, di London, Inggris. Mobil yang diberi nama E-type Zero ini telah dipugar dan dikonversi di fasilitas Jaguar Land Rover Classic Works di Coventry, tak jauh dari tempat tipe E lahir.

Jaguar E-type Zero tidak hanya melaju dan terlihat seperti E-type, namun juga menawarkan performa yang luar biasa. Dia lebih cepat daripada E-type aslinya: 0-100 kpj hanya membutuhkan waktu 5.5 detik, sekitar satu detik lebih cepat daripada Series 1 E-type.

Mobil E-type Zero yang ditampilkan di Tech Fest, adalah Series 1.5 Roadster yang telah direstorasi penuh. Masih mengandalkan spesifikasi aslinya, terlepas dari mesin canggih abad ke-21 dan instrumentasi dan panel dasbor yang dimodifikasi - meskipun benda-benda itu juga terinspirasi oleh E-type terdahulu. Lampu depan LED juga digunakan untuk mencapai efisiensi energi. Sekali lagi, mereka mengadopsi tema styling dari Series 1 E-type.

Mesin 6 silinder XK yang dibuat dari tahun 1949 sampai 1992, dipasang pada hampir semua model Jaguar ikonik pada periode itu, termasuk tipe E, XK120, Mk2 dan XJ6. Mesin listrik baru ini pun bisa digunakan pada salah satu model kendaraan itu.

Mesin E-type Zero yang unik ini dikembangkan oleh spesialis motor listrik yang berkerja di Jaguar Land Rover dengan arahan khusus dari tim di Jaguar Land Rover Classic. Mobil ini menggunakan beberapa teknologi dan komponen yang dipinjam dari I-PACE, kendaraan all-electric pertama Jaguar Land Rover yang akan datang.

E-type Zero memiliki daya jelajah ‘yang nyata' sekitar 270km, dibantu bobot yang ringan dan aerodinamika yang baik. Dia menggunakan baterai 40kWh, yang dapat diisi ulang di rumah dalam semalam (biasanya butuh 6 sampai 7 jam, tergantung pada sumber listriknya). Modifikasi ini bisa jadi modifikasi paling indah yang pernah dilakukan. Sebab E-type sendiri diluncurkan pada tahun 1961, dan terpilih sebagai mobil dengan penampilan terbaik sepanjang masa. Bahkan Enzo Ferrari menyebutnya "mobil terindah yang pernah dibuat”. [bil/timBX]

Tags :

#
jaguar e-type zero,
#
jaguar e-type,
#
jaguar