MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Cafe Racer Kawasaki Z1000 – Penakluk Kelok Pegunungan Taiwan

FEB 27, 2019@08:00 WIB | 680 Views

Modifikasi memiliki dunia yang cukup luas, namun yang terpenting bagaimana modifikasi tidak menjadi bangkai di kemudian hari, karena regulasi.  Di Taiwan, modifikator Alex Gao yang menggawangi rumah modifikasi Cowbow Choppers, menerima tantangan untuk memodifikasi gaya café racer salah satu pelanggannya di Taipe. Salah satunya Kawasaki Z1000, buatan tahun 2003.

Spirit dari modifikasi ini adalah, menaklukkan jalannan pegunungan di Taiwan yang cukup berkelok. “Tujuan modifikasi dari Kawasaki Z1000 ini  menyuntik gaya retro sebagai naked bike yang layak dikendarai,” tutur Alex.

Dengan mesin 1000 cc, empat silinder segaris, Alex membangun sebuah model café racer dan menyematkan sentuhan modifikasi khas Timur. Cowboy Chopper, tempat Alex berkarya menjadi tempat untuk memotong sudut modern pabrikan.  Memotong rangka, kemudian tantangan terbesarnya, menciptakan kembali rangka agar terlihat memiliki subframe yang rata dengan mainframe.

Model tangki yang mereka buat terlihat benar-benar handmade yang harus dibangun dari awal. Gaya tangki terlihat seperti garis dari tangki motor Norton Commando. Sebuah lekukan tipis di samping tangki  menjadi bagian dari art of custom.  Setelah tangki terpasang, baru kemudian mulai memikirkan fokus bagian buritan.

Sebuah subframe yang dibuat secara khusus, memadukan gaya buritan cafer care dan jok single seat yang khas. Selebihnya mengantisipasi space untuk lampu belakang guna melengkapi stop lamp yang cukup mematuhi regulasi demi keselamatan pengendara. Saat inspeksi dilakukan pihak kepolisian, owner cukup melepas beberapa baut dan beberapa kabel, serta tangki, dan memasang kembali part original.

Sebuah segitiga suspense dibuat dengan mesin CNC, dengan memperhatikan stang yang underyoke  serta posisi riding yang sesuai dengan owner. Begitu juga dengan footstep belakang yang harus didesain ulang. Swing arm belakang mempertahankan posisi aslinya, dan hanya menambahkan suspense belakang Ohlins TTX. Ban depan dan belakang menggunakan Dunlop dan system pengereman Brembo.

Mesin 1000 cc menghasilkan tenaga 128 hp tetap dipertahankan, namun dengan mengganti system knalpot. Dengan bahan titanium, exhaust system dibuat dengan pola 4-2-4 hasil modifikasi Jama, menjadi satu titik perhatian mata.

Warna silver dan black sudah menjadi warna pabrikan yang wajib dipertahankan.  Alex mematuhi request tersebut,  Warna hitam terlihat cukup merampingkan bagian mesin yang cukup besar, sedangkan main frame terlihat cukup minimalis. Warna perak menjadi kombinasi apik untuk tema café racer klasik.

Totally, Z1000 caferacer ini terlihat lebih buas dari versi pabrikannya. Alex mengabarkan bahwa sang owner cukup mengapresiasi, utamanya pada Z1000 saat ditunggangi cukup mudah menempelkan lutut di aspal tikungan. Dan itu menjadi catatan yang baik buat Alex dan Cowboy Chopper. [Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi,
#
kawasaki z1000,
#
cafe racer,
#
cowboy chopper,
#
alex gao,
#
taiwan builder